LAJU DEKOMPOSISI TONGKOL JAGUNG DENGAN METODE BERKELEY COMPOSTING PADA BERBAGAI DOSIS EFFECTIVE MICROORGANISMS (EM4) DECOMPOSITION RATE OF CORN COB ON BERKELEY COMPOSTING METHOD AT VARIOUS DOSAGE OF EFFECTIVE MICROORGANISMS (EM4)

FITRI, NADIRA AL (2023) LAJU DEKOMPOSISI TONGKOL JAGUNG DENGAN METODE BERKELEY COMPOSTING PADA BERBAGAI DOSIS EFFECTIVE MICROORGANISMS (EM4) DECOMPOSITION RATE OF CORN COB ON BERKELEY COMPOSTING METHOD AT VARIOUS DOSAGE OF EFFECTIVE MICROORGANISMS (EM4). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (786kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (115kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tongkol adalah limbah jagung yang memiliki kandungan selulosa, hemiselulosa dan lignin yang masih tinggi sehingga cocok sebagai bahan pembuatan pupuk. Pada penelitian ini pembuatan pupuk dilakukan dengan metode Berkeley Composting dan menggunakan 2 bahan yaitu kaya akan selulosa (tongkol jagung) dan kaya akan nitrogen (pupuk kandang). Penelitian ini menggunakan aktivator yaitu EM4. Penelitian ini dilakukan di Green House Fakultas Pertanian Universitas Nasional, Laboratorium Ilmu-Ilmu Pertanian dan Laboratorium Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Bogor dimulai dari bulan November 2022 – Februari 2023. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis interaksi antara pupuk kandang dengan EM4 terhadap laju dekomposisi limbah tongkol jagung dalam proses pengomposan, untuk menganalisis pengaruh jenis pupuk kandang dan penggunaan EM4 terhadap laju dekomposisi limbah tongkol jagung dengan mengamati suhu, susut bobot, warna, aroma, kadar air, pH, kelembaban, menganalisis unsur hara mikro (N, P, Ca, Mg) serta nilai C/N ratio. Interaksi pemberian pupuk kandang ayam + dosis EM4 190 ml/l berpengaruh signifikan terhadap parameter suhu (40,50°C), penyusutan bobot, kadar air dan C/N rasio sebesar (27,63%), fosfor (0,79%), kalium (1,24%), dan laju dekomposisi kompos tongkol jagung (6,35 g/minggu). Pupuk kandang kambing dengan kombinasi EM4 190 ml/l memberikan hasil warna yang lebih gelap dibanding dengan perlakuan lain serta kadar magnesium yang lebih tinggi dibanding perlakuan lain (0,23%) dan unsur C-Organik terendah (28,50%). Kombinasi pupuk kandang ayam dan EM4 130 ml/l menghasilkan kadar N tertinggi (1,30%), kombinasi pupuk kandang ayam dan EM4 160 ml/l menghasilkan kadar Ca tertinggi (5,06%). Penggunaan pupuk kandang ayam dan EM4 190 ml/l berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan suhu, penyusutan bobot, penurunan kadar air, dan laju dekomposisi tongkol jagung selama masa pengomposan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 06:18
Last Modified: 22 May 2024 06:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11022

Actions (login required)

View Item View Item