“POTENSI PENGEMBANGAN TANAMAN BUAH LOKAL BERDASARKAN SIFAT FISIK DAN KIMIA TANAH PADA HUTAN KOTA DI JAKARTA SELATAN” LOCAL FRUIT PLANT DEVELOPMENT POTENTIAL BASED ON SOIL PHYSICAL AND CHEMICAL PROPERTIES AT URBAN FOREST IN SOUTH JAKARTA

WAHYUDI, FAJAR TRI (2024) “POTENSI PENGEMBANGAN TANAMAN BUAH LOKAL BERDASARKAN SIFAT FISIK DAN KIMIA TANAH PADA HUTAN KOTA DI JAKARTA SELATAN” LOCAL FRUIT PLANT DEVELOPMENT POTENTIAL BASED ON SOIL PHYSICAL AND CHEMICAL PROPERTIES AT URBAN FOREST IN SOUTH JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (342kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (25kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hutan kota adalah hutan atau sekelompok pepohonan yang tumbuh di dalam area kota atau pinggiran kota. Terdapat berbagai jenis vegetasi yang tumbuh di dalam hutan kota yang bisa menggambarkan sebuah ekosistem hutan. Kesuburan tanah merupakan kemampuan atau kualitas suatu tanah untuk menyediakan unsur-unsur hara tanaman dalam jumlah yang mencukupi kebutuhan tanaman, dalam bentuk senyawa yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman, dalam perimbangan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman tertentu apabila suhu dan faktor pertumbuhan lainnya mendukung pertumbuhan normal tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi beberapa hutan kota di Jakarta Selatan sebagai kawasan konservasi untuk mengembangkan tanaman buah lokal yang ditinjau dari karakteristik kesuburan tanah berdasarkan sifat fisik dan kimia tanah. Penelitian dilakukan pada bulan Januari - Juli 2023 di tiga lahan hutan kota, yaitu Hutan Kota Cipedak, Hutan Kota Srengseng Sawah, dan Hutan Kota Pondok Labu. Analisis vegetasi di hutan kota dilakukan dengan cara mengamati tanaman buah lokal yang berada di masingmasing hutan kota dan dicatat diameter pohon, jenis tanaman buah, serta jumlah per jenis tanaman buah. Hasil analisis yang sudah dilakukan di masing-masing hutan kota memiliki tanaman buah dengan jumlah ± 29 jenis dengan tanaman yang memiliki diameter terbesar berada di Hutan Kota Cipedak yaitu tanaman kecapi dengan nilai 49,68 cm dan diameter terkecil yaitu 5,41 cm pada tanaman pinang, sedangkan tanaman tertinggi memiliki nilai 26,65 m pada tanaman petai di Hutan Kota Cipedak dan terkecil yatu 4,15 m pada tanaman pisang di Hutan Kota Srengseng Sawah. Kualitas tanah di Hutan Kota Cipedak dan Srengseng Sawah memiliki pH, C-Organik, N-Total, C/N rasio, P-Tersedia yang sangat rendah sampai rendah, sedangkan kualitas tanah Hutan Kota Pondok Labu memiliki pH, C-Organik, N-Total, C/N rasio, P-Tersedia dengan tingkat rendah sampai sedang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 22 May 2024 03:24
Last Modified: 22 May 2024 03:24
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11012

Actions (login required)

View Item View Item