PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TALAS BENENG (Xanthosoma undipes K. Koch) (Studi Kasus di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten) THE ROLE OF AGRICULTURAL EXTENSION WORKERS IN BUSINESS DEVELOPMENT TARO BENENG (Xanthosoma undipes K. Koch)(Case Study in Kaduhejo District, Pandeglang Regency,Banten)

Darmawan, Aditia (2024) PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA TALAS BENENG (Xanthosoma undipes K. Koch) (Studi Kasus di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten) THE ROLE OF AGRICULTURAL EXTENSION WORKERS IN BUSINESS DEVELOPMENT TARO BENENG (Xanthosoma undipes K. Koch)(Case Study in Kaduhejo District, Pandeglang Regency,Banten). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (754kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran penyuluh dalam pengembangan usaha talas beneng yang berada di kabupaten Pandeglang dan Mengetahui apa saja kendala yang dihadapi penyuluh dalam pengembangan usaha talas beneng yang berada di Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Saninten dan Campaka Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang Banten. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode snowball sampling dengan jumlah sampel 20 anggota kelompok tani dan 3 orang penyuluh. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Skala Likert dengan teknik skoring dan uji analisis regresi linear berganda pengolahan dan analisis data dilakukan secara manual dan alat bantu spss 29. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyuluh pertanian di Kecamatan Kaduhejo sangat berperan dalam pengembangan usaha talas beneng dengan nilai 87,16%. Sementara hasil uji F 4,752 > 3,01 dapat disimpulkan bahwa variabel peran penyuluh sebagai motivator, organisator dan dinamisator, fasilitator, edukator berpengaruh signifikan. Kendala yang dihadapi oleh penyuluh pertanian dalam pengembangan usaha talas beneng yaitu kadar asam oksalat yang masih tinggi, biaya yang dikeluarkan petani pada saat panen terlalu besar, sarana dan prasarana masih terbatas sehingga tersendatnya hasil produksi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 21 May 2024 06:58
Last Modified: 21 May 2024 06:58
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item