Implementasi Sistem Rekomendasi Film berbasis Android dengan metode Hybrid Collaborative Filtering dan Content Based Filtering

Rafli, Muhamad Maulana (2023) Implementasi Sistem Rekomendasi Film berbasis Android dengan metode Hybrid Collaborative Filtering dan Content Based Filtering. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (957kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (363kB)

Abstract

Sistem rekomendasi adalah alat penyaringan informasi yang menyajikan item kepada pengguna berdasarkan preferensi dan perilaku mereka. Misalnya, sistem rekomendasi dapat menyajikan saran tentang karya ilmiah, film dan juga lain seabagainya. Untuk membuat sistem rekomendasi,ada beberapa metode yang dapat digunakan. Misalnya, collaborative filtering, yang merekomendasikan barang berdasarkan bagaimana pengguna memilih atau memberikan nilai kepada item tersebut, dan based content filtering, yang merekomendasikan barang berdasarkan bagaimana isi konten item tersebut disukai oleh pengguna. Namun, penting untuk diingat bahwa setiap metode memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk mengatasi kelemahan masing-masing metode, Namun, perlu diingat bahwa masing-masing metode memiliki kelemahan dan kelebihan. Untuk mengatasi kelemahan ini, kedua metode ini dapat digabungkan dalam pendekatan hybrid, dengan harapan bahwa kelemahan satu metode dapat dikurangi melalui kelebihan metode lainnya, yang menghasilkan rekomendasi yang lebih baik. Oleh karena itu, dalam penelitian ini menggunakan metode hybrid collaborative filtering dan content-based filtering untuk membuat sistem rekomendasi film yang lebih baik dibanding hanya menggunakan salah satu metode yang ada.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 20 May 2024 02:00
Last Modified: 20 May 2024 02:00
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item