ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (TKRO) NEGERI 53 JAKARTA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF

As-syauqi, Imam Akbar (2024) ANALISIS KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (TKRO) NEGERI 53 JAKARTA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (815kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (503kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran kolaboratif menjadi pendekatan yang semakin diminati dalam konteks pendidikan modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan pembelajaran kolaboratif di SMKN 53 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif telah diterapkan di SMKN 53 Jakarta yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Guru memainkan peran penting dalam menyusun lingkungan pembelajaran yang mendukung kolaborasi antarsiswa. Namun, tantangan seperti keterampilan interpersonal siswa, dan resistensi terhadap perubahan menjadi hambatan dalam implementasi yang efektif. Studi ini menyimpulkan perlunya dukungan yang berkelanjutan dari pihak sekolah dan pemangku kepentingan terkait. Diharapkan temuan ini dapat memberikan wawasan bagi pengembangan praktik pembelajaran kolaboratif di SMKN 53 Jakarta dan institusi serupa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JC Political theory
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 16 May 2024 04:25
Last Modified: 16 May 2024 04:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10974

Actions (login required)

View Item View Item