MODEL KOMUNIKASI ORGANISASI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PENGURUSAN PASPOR ( Studi Di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jakarta Timur )

Fitrianu, Agna (2024) MODEL KOMUNIKASI ORGANISASI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PENGURUSAN PASPOR ( Studi Di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jakarta Timur ). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (965kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (861kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (730kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pegawai dalam pelayanan pengrusan paspor. Dengan menggunakan teori komunikasi organisasi R. Wayne Pace, Don F. Faules terdiri dari 6 dimensi, sebagai berikut: kepercayaan, pembuatan keputusan bersama, kejujuran, keterbukaan, komunikasi ke atas, dan tujuan kinerja yang tinggi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatif. Hasil penelitian menyatakan dilihat bahwa aspek kepercayaan pegawai imigrasi dalam melakukan menyampaikan informasi secara utuh baik bagi syarat pengurusan paspor maupun waktu penyelesaian yang dibutuhkan. Aspek pembuatan keputusan bersama bahwa pegawai imigrasi melakukan komunikasi secara internal untuk keputusan dikeluarkan atau tidaknya paspor . Aspek kejujuran bahwa pegawai imigrasi yang melayani pengurusan paspor melakukan pekerjaannya berdasarkan prinsp kejujuran. Aspek keterbukaan bahwa pegawai imigrasi menyampaikan berbagai terobosan bagi pembuat paspor seperti E Paspor dan M Paspor terutama melalui aplikasi M Paspor. Aspek komunikasi ke atas, komunikasi antara pegawai dengan atasan mmengenai persetujuan paspor bila terjadi data pemohon yang tidak sinkron mamka paspor tersebut tidak dapat diproses dan akan petugas berhak menolak data tersebut. Pemohon segera melengkapi data yang kurang atau adanya perbedaan kepada petugas supaya paspor tersebut dapat segera di proses. Aspek tujuan kinerja yang tinggi, pegawai melakukan beberapa terobosan- terobosan serta inovasi untuk memotivasi pegawai kedepannya menjadi lebih baik lagi dalam melakukan pelayanan yang membuat pemohon merasa puas dan dilayani dengan baik. Kesimpulannya bahwa dimensi model R. Wayne Pace berlaku dalam komunikasi organisasi pengurusan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 02 May 2024 03:18
Last Modified: 02 May 2024 03:18
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10906

Actions (login required)

View Item View Item