KANDUNGAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) DAN TIMBAL (Pb) PADA TANAH HUTAN MANGROVE DI PESISIR PANTAI MEKAR KABUPATEN BEKASI DAN MARUNDA JAKARTA UTARA CONTENT OF HEAVY METALS COPPER (Cu) AND LEAD (Pb) IN MANGROVE FOREST SOILS ON THE COAST OF MEKAR COAST, BEKASI AND MARUNDA DISTRICTS, NORTH JAKARTA

umam, fariz chairil (2024) KANDUNGAN LOGAM BERAT TEMBAGA (Cu) DAN TIMBAL (Pb) PADA TANAH HUTAN MANGROVE DI PESISIR PANTAI MEKAR KABUPATEN BEKASI DAN MARUNDA JAKARTA UTARA CONTENT OF HEAVY METALS COPPER (Cu) AND LEAD (Pb) IN MANGROVE FOREST SOILS ON THE COAST OF MEKAR COAST, BEKASI AND MARUNDA DISTRICTS, NORTH JAKARTA. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (466kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sebaran kandungan logam berat Tembaga (Cu) dan Timbal (Pb) di wilayah pesisir, yang merupakan indikasi awal terjadinya pencemaran. Tembaga (Cu) dan Timbal (Pb) adalah dua jenis logam berat yang sering digunakan dalam kegiatan rumah tangga dan industri. Sejumlah bahan pencemar yang terbuang di darat cenderung mengalami akumulasi di wilayah pesisir, termasuk dalam ekosistem Hutan Mangrove. Penelitian ini dilakukan di dua kota, yaitu wilayah pantai Mekar Bekasi dan Marunda Jakarta, dengan menggunakan metode Purposive Sampling untuk menentukan titik lokasi. Analisis data konsentrasi logam berat dilakukan secara deskriptif, dan data hasil pengukuran konsentrasi logam dianalisis menggunakan Indeks Geoakumulasi (Igeo). Variabel yang diamati adalah kandungan logam berat dalam tanah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kadar akumulasi logam berat di Pantai Mekar Bekasi dan Pantai Marunda Jakarta berkisar antara 5,46 ppm hingga 33,07 ppm untuk Timbal (Pb), dan antara 0,66 ppm hingga 21,66 ppm untuk Tembaga (Cu). Nilai Indeks Geoakumulasi menunjukkan bahwa kandungan timbal (Pb) menunjukkan tingkat kontaminasi yang tidak tercemar, dengan nilai tertinggi ditemukan pada kedalaman 20-40 cm di Pantai Mekar dan kedalaman 0-20 cm di Pantai Marunda. Sedangkan kandungan tembaga (Cu) menunjukkan tingkat kontaminasi yang sama pada kedua lokasi, dengan nilai tertinggi pada kedalaman 20-40 cm, yaitu 0,11 ppm di Pantai Marunda dan 0,17 ppm di Pantai Mekar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Apr 2024 07:05
Last Modified: 30 Apr 2024 07:05
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10876

Actions (login required)

View Item View Item