ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN BAGI PELAKU TINDAK PIDANA YANG MEMBERI KESEMPATAN: MELAKUKAN PENGANIAYAAN MENGAKIBATKAN MATI DAN MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK

Ramadhan, Hendri (2024) ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN BAGI PELAKU TINDAK PIDANA YANG MEMBERI KESEMPATAN: MELAKUKAN PENGANIAYAAN MENGAKIBATKAN MATI DAN MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAP ANAK. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tindak Pidana dapat dikatakan sebagai bentuk tingkah laku seseorang yang rnelanggar ketentuan hukurn dan Norma hukurn yang berlaku didalarn Masyarakat. Berbagai rnacarn kejahatan terhadap tubuh rnaupun nyawa atau disebut penganiayaan dan pernbunuhan. Seperti tindakan penganiayaan rnenjadi salah satu fenornena yang sulit hilang di dalarn kehidupan bermasyarakat. Berbagai macam tindakan penganiayaan yang sering terjadi seperti pernukulan dan kekerasan fisik seringkali rnengakibatkan Iuka pada bagian tubuh atau anggota tubuh lain korban. Bahkan tidak jarang rnernbuat korban rnenjadi cacat fisik seurnur hidup termasuk rneninggal dunia, maka untuk memberikan perlindungan terhadap anak dari berbagai tindak pidana secara khusus dibentuk pengaturan pidana terhadap tindakan kekerasan terhadap anak secara khusus telah diatur dalam Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Apapun rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana aturan pemidanaan bagi anak yang memberi kesempatan: melakukan penganiayaan mengakibatkan mati dan melakukan kekerasan terhadap anak? 2) Bagaimana pemidanaan bagi anak yang memberi kesempatan: melakukan penganiayaan mengakibatkan mati dan melakukan kekerasan terhadap anak dalam putusan pengadilan perkara nomor: 93/Pid.B/2021/PN Mll? Dalam penulisan skripsi ini metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis normatif dengan mempelajari dari peraturan perundang dengan penelitian kepustakaan (Library Researcha), yaitu suatu cara memperoleh data melalui penelitian keperpustakaan, yang didalam penulisan laporan penelitian penulis mencari data dan keterangan-keterangan dengan membaca buku-buku, bahan kuliah, karya ilmiah, berkaitan dengan penjatuhan pidana oleh Majelis Hakim seharusya di hukum berat berdasarkan asas lex specialis Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak jo KUHPidana.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 30 Apr 2024 06:38
Last Modified: 30 Apr 2024 06:38
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10865

Actions (login required)

View Item View Item