ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA UTARA TERHADAP PENGGUGAT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PERIKATAN JUAL BELI (Studi Kasus Putusan Nomor : 709/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr)

Sina, Ibnu (2024) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN PENGADILAN NEGERI JAKARTA UTARA TERHADAP PENGGUGAT WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN PERIKATAN JUAL BELI (Studi Kasus Putusan Nomor : 709/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (564kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (308kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan kewajiban yang tidak dipenuhi atau ingkar janji atau kelalaian yang dilakukan oleh debitur baik karena tidak melaksanakan apa yang telah dmiperjanjikan maupun malah melakukan sesuatu yang menurut perjanjian tidak boleh dilakukan. Perjanjian jual beli merupakan perjanjian yang bersifat riil. apabila telah diperjanjikan sesuatu hal akan tetapi dalam prakteknya belum diserahkan objek perjanjian tersebut maka perjanjian tersebut dianggap tidak ada atau belum ada perjanjian. Selain itu perjanjian jual beli juga menganut asas terang dan tunai, yaitu jual beli berupa penyerahan hak untuk selama-lamanya dan pada saat itu juga dilakukan pembayarannya oleh pembeli yang diterima oleh penjual. Kemudian syarat universal menimpa perikatan buat menyerahkan suatu (Pasal 1235 KUHPerdata), serta syarat yang diatur secara spesial dalam syarat jual- beli (Pasal 1474), penjual mempunyai 3 kewajiban pokok mulai dari semenjak jual- beli terjalin bagi syarat Pasal 1458 KUHPerdata. Apapun rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana Akibat Hukum Terhadap Penjual Yang Melakukan Wanprestasi Dalam Perjanjian Perikatan Jual Beli? 2) Bagaimana Pertimbangan Majlis Hakim Jakarta Utara dalam putusan perkara nomor : 709/Pdt.G/2020/PN Jkt.Utr? Dalam penulisan skripsi ini metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis normatif dengan mempelajari dari peraturan perundang dengan penelitian kepustakaan (Library Researcha), yaitu suatu cara memperoleh data melalui penelitian keperpustakaan, yang didalam penulisan laporan penelitian penulis mencari data dan keterangan-keterangan dengan membaca buku-buku, bahan kuliah, karya ilmiah, berkaitan dengan adanya perjanjian yang sah sesuai dengan ketentuan Pasal 1320 KUHPerdata, adanya kesalahan karena kelalaian dan kesengajaan, adanya kerugian, adanya sanksi, dapat berupa ganti rugi, berakibat pembatalan perjanjian. Setelah melakukan penelitian Penulis menemukan bahwa Akibat Hukum Terhadap Penjual Yang Melakukan Wanprestasi Dalam Perjanjian Jual Beli Tanah yang menimbulkan keharusan bagi pihak tergugat untuk memberikan atau membayar ganti rugi (schadevergoeding), atau dengan adanya wanprestasi oleh satu pihak, pihak yang lainnya dapat menuntut pembatalan perjanjian.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:26
Last Modified: 24 Apr 2024 02:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10782

Actions (login required)

View Item View Item