PELAKSANAAN PERKAWINAN OLEH WALI YANG TIDAK BERHAK SEBAGAI DASAR PEMBATALAN PERKAWINAN (Studi Kasus Putusan Perkara Nomor: 392/Pdt.G/2020/PA.Batg)

Anggraeni, Khalusi Dwi (2024) PELAKSANAAN PERKAWINAN OLEH WALI YANG TIDAK BERHAK SEBAGAI DASAR PEMBATALAN PERKAWINAN (Studi Kasus Putusan Perkara Nomor: 392/Pdt.G/2020/PA.Batg). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (783kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

dalam kehidupan manusia yang menimbulkan akibat hukum terhadap hubungan antara pihak yang melangsungkan perkawinan itu sendiri. Tetapi suatu hubungan perkawinan dapat putus karena kematian, perceraian dan pembatalan. Perkawinan yang putus karena adanya suatu pembatalan dapat terjadi sekalipun dari perkawinan tersebut telah lahir seorang anak. Pembatalan dapat terjadi apabila perkawinan yang ternyata kemudian hari tidak memenuhi syarat-syarat untuk melangsungkan perkawinan, namun perkawinannya sudah dilangsungkan. Pembatalan perkawinan melalui putusan pengadilan dianggap seolah-olah sama sekali tidak terjadi perkawinan. Seperti yang terjadi pada Pengadilan Agama Bantaeng Nomor : 392/Pdt.G/2020/PA.Batg bahwa terdapat pembatalan perkawinan yang disebabkan karena wali nikah yang tidak sah. Oleh karena itu, peneliti membuat 2 (dua) rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana keabsahan pelaksanaan perkawinan oleh wali yang tidak berhak? dan 2) Bagaimana faktor wali yang tidak berhak mengakibatkan pembatalan perkawinan dalam putusan nomor 392/Pdt.G/2020/PA.Batg?. Dalam proses pernikahan, penting untuk memverifikasi kewenangan wali dengan cermat untuk memastikan keabsahan perkawinan. Langkah-langkah pemeriksaan yang teliti akan membantu mencegah terjadinya penyelundupan hukum dalam pelaksanaan perkawinan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian normatif dengan sumber bahan hukum primer, sekunder, dan tersier.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:37
Last Modified: 24 Apr 2024 06:57
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10774

Actions (login required)

View Item View Item