ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN INTERVENSI PENGGUNAAN ISLAND DRESSING SEBAGAI BALUTAN PRIMER PADA PASIEN TN. J DAN NY. J DENGAN DIAGNOSA MEDIS POST APPENDICTOMI DI RS UKRIDA JAKARTA BARAT

KURNIASIH, JAYATRI (2024) ANALISIS ASUHAN KEPERAWATAN INTERVENSI PENGGUNAAN ISLAND DRESSING SEBAGAI BALUTAN PRIMER PADA PASIEN TN. J DAN NY. J DENGAN DIAGNOSA MEDIS POST APPENDICTOMI DI RS UKRIDA JAKARTA BARAT. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (8MB)

Abstract

Latar Belakang : Berdasarkan lamanya penyembuhan, luka dibagi menjadi 2 yaitu luka akut dan kronis. Menurut WHO mayoritas luka pada penduduk dunia adalah luka karena pembedahan/trauma (48%), ulkus kaki (28%), luka dekubitus (21%). Luka menyebabkan desintegrasi dan discontuinitas dari jaringan kulit. Sebagai akibatnya fungsi kulit dalam memproteksi jaringan yang ada dibawah nya menjadi terganggu. Kulit sama seperti baju yakni memberikan perlindungan bagi jaringan yang ada di bawahnya dari paparan secara fisik, mekanik, biologis maupun kimiawi dari lingkungan eksternal. Oleh karena itu tujuan utama dari balutan luka (wound dresssing) adalah menciptakan lingkungan yang kondusif dalam mendukung proses penyembuhan luka. Tujuan : Untuk melakukan analisis asuhan keperawatan intervensi penggunaan island dressing sebagai balutan primer pada pasien dengan diagnosa post appendictomi di RS Ukrida Jakarta Barat. Implementasi : Tindakan keperawatan dimulai dari tanggal 03 Desember 2023 yaitu melakukan perawatan luka 3M menggunakan island dressing. Hasil : Pada kunjungan hari ke 5 setelah perawatan luka menggunakan island dressing sebagai balutan primer memiliki perubahan luka yang cukup baik diantaranya kulit utuh, luka tertutup, permukaan utuh, tidak ada perdarahan, dan luka tampak kering. Simpulan dan Saran : Hasil analisis asuhan keperawatan intervensi penggunaan island dressing sebagai balutan primer pada pasien post appendictomi berpengaruh yaitu untuk menjaga luka, sehingga luka mengalami perubahan yang cukup baik dan proses penyembuhan semakin cepat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Kesehatan > Program Studi Bidan Pendidik
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:09
Last Modified: 23 Apr 2024 03:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10754

Actions (login required)

View Item View Item