ANALISIS AKIBAT HUKUM WANPRESTASI TERHADAP AKTA KESEPAKATAN BERSAMA DALAM PERALIHAN HAK ATAS TANAH (Studi Putusan) Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 362/Pdt./2019/PN Jkt.Utr

Fauzie, Achmad Rizky (2024) ANALISIS AKIBAT HUKUM WANPRESTASI TERHADAP AKTA KESEPAKATAN BERSAMA DALAM PERALIHAN HAK ATAS TANAH (Studi Putusan) Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 362/Pdt./2019/PN Jkt.Utr. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (666kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai analisis akibat hukum wanprestasi terhadap akta kesepakatan bersama dalam peralihan hak atas tanah yang terdapat dalam Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 362/Pdt.G/2019/PN Jkt.Utr. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini berkaitan dengan akibat hukum wanprestasi terhadap akta kesepakatan bersama dalam peralihan hak atas tanah dan pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 362/Pdt.G/2019/PN Jkt.Utr dalam memutuskan perkara. Penelitian ini akan dibahas menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan analisa norma-norma hukum yang berlaku dan melalui pendekatan undang-undang (statue approach) dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akibat hukum dari wanprestasi dalam akta kesepakatan bersama dalam pengalihan hak atas tanah dan bangunannya adalah pihak yang melakukan wanprestasi harus memberikan ganti kerugian terhadap pihak yang dirugikan serta dapat minta pemenuhan perjanjian, atau pemenuhan perjanjian disertai ganti rugi dan pembatalan perjanjian dengan ganti rugi. Kemudian pertimbangan hukum Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 362/Pdt.G/2019/PN Jkt.Utr dalam memutuskan perkara tidak mempertimbangkan pokok perkara disebabkan eksepsi yang diajukan Tergugat beralasan hukum untuk dikabulkan oleh Majelis Hakim dikarenakan gugatan Penggugat terlampau premature untuk diajukan gugatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:40
Last Modified: 22 Apr 2024 06:40
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10743

Actions (login required)

View Item View Item