TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKO WIDODO PADA 16 AGUSTUS 2023 ILLOCUTIONARY ACTS IN A NATIONAL SPEECH OF PRESIDENT JOKO WIDODO ON 16 AUGUST 2023

AFDAR, ABDUL KHAALIQ (2024) TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PIDATO KENEGARAAN PRESIDEN JOKO WIDODO PADA 16 AGUSTUS 2023 ILLOCUTIONARY ACTS IN A NATIONAL SPEECH OF PRESIDENT JOKO WIDODO ON 16 AUGUST 2023. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (785kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian berjudul Tindak Tutur Ilokusi dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo pada 16 Agustus 2023 bertujuan untuk mengungkapkan jenis dan fungsi tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam pidato kenegaraan yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang berisi data-data yang dikumpulkan berupa kata atau gambar dan bukan angka. Data dalam penelitian ini berupa tuturan-tuturan yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo pada acara tersebut. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian dalam proses mencapai tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan teori tindak tutur Searle dan teori tindak tutur ilokusi Leech. Hasil yang diperoleh setelah melalui proses penelitian adalah bahwa pada pidato kenegaraan yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo ditemukan setidaknya sebanyak 39 jenis tindak tutur ilokusi pada pidato tersebut dengan rincian; tindak tutur asertif menjadi yang paling banyak ditemukan dengan jumlah 22 dan diikuti oleh tindak tutur ekspresif dengan jumlah 10 temuan, selain jenis tindak tutur, pada penelitian ini juga ditemukan fungsi tindak tutur ilokusi dengan jumlah 11 temuan dengan rincian; tindak tutur kompetitif dan kolaboratif menjadi fungsi tindak tutur yang paling banyak ditemukan dengan jumlah 4 temuan. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pidato yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo memenuhi tujuan pelitian, yakni jenis dan fungsi tindak tutur yang terdapat dalam pidato.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Skripsi > Fakultas Sastra > Program Studi Sastra Indonesia
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Apr 2024 06:35
Last Modified: 22 Apr 2024 06:35
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10742

Actions (login required)

View Item View Item