ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM HAK ULAYAT MASYARAKAT HUKUM ADAT SUKU DOMO ATAS TANAH (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 131/PDT/2019/PT PBR)

Ramadhan, Gilang (2024) ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN HUKUM HAK ULAYAT MASYARAKAT HUKUM ADAT SUKU DOMO ATAS TANAH (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR 131/PDT/2019/PT PBR). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (454kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (272kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masyarakat hukum adat merupakan masyarakat yang telah ada sebelum Republik Indonesia terbentuk, dengan demikian tidak mungkin memisahkan masyarakat hukum adat dengan Republik Indonesia yang kemudian diakui dan dilindungi keberadaannya dalam konstitusi dan berbagai peraturan perundang-undangan. Terkait sengketa/konflik agraria di Kabupaten Kuantan Singingi antara Masyarakat Hukum Adat Suku Domo dengan PT Rimba Lazuardi, PT Rimba Lazuardi menyerobot dan sewenang-wenang menggunakan lahan tersebut tanpa persetujuan dari pihak masyarakat suku Domo. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis yuridis terhadap perlindungan hukum terhadap hak ulayat masyarakat hukum adat suku Domo, dengan mengacu pada studi kasus putusan Nomor 131/PDT/2019/PT PBR. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis normatif dengan mengkaji berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait serta putusan-putusan pengadilan yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa putusan tersebut menegaskan pentingnya perlindungan hak ulayat masyarakat adat suku Domo dalam konteks hukum nasional, sejalan dengan prinsip-prinsip keadilan dan kedaulatan hukum. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana sistem hukum nasional melindungi hak-hak masyarakat adat, khususnya suku Domo, serta implikasi hukum yang timbul dari putusan pengadilan dalam konteks tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:53
Last Modified: 22 Apr 2024 03:53
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10739

Actions (login required)

View Item View Item