ANALISIS YURIDIS PENEGAKAN HUKUM HAKIM DI PENGADILAN NEGERI TERHADAP PELAKU YANG TURUT SERTA MELAKUKAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DENGAN MODUS TENAGA KERJA (Studi Kasus: Putusan Nomor: 32/Pid.Sus/2020/Pn Rtg)

Sitompul, Erland Eduward (2024) ANALISIS YURIDIS PENEGAKAN HUKUM HAKIM DI PENGADILAN NEGERI TERHADAP PELAKU YANG TURUT SERTA MELAKUKAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG DENGAN MODUS TENAGA KERJA (Studi Kasus: Putusan Nomor: 32/Pid.Sus/2020/Pn Rtg). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (742kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (869kB)

Abstract

Meningkat jumlah usia tenaga kerja di Indonesia yang ingin bekerja diluar daerah maupun diluar negeri, dan disaaat bersamaan perdagangan orang sering terjadi, perdagangan orang juga merupakan bentuk perbuatan salah yang merusak kehidupan manusia. Terdapat kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari meningkatnya jumlah usia tenaga kerja Indonesia tersebut, salah satunya adalah perdagangan orang. Rumusan Masalah pada penelitian ini ialah sebagai berikut: 1. Apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana perdagangan orang?2. Apa pertimbangan hukum hakim dalam penjatuhan pidana terhadap pelaku yang turut serta melakukan tindak pidana perdagangan orang dalam perkara nomor: 32/Pid.Sus/2020/Pn.Rtg? bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor tindak pidana perdagangan orang dan untuk mengetahui bagaimana pertimbangan hukum hakim tentang tindak pidana perdagangan orang. Metode yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, data yang berfokus pada kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah faktor-faktor penyebab tindak pidana perdagangan orang harus di berantas dan terdakwa harus bertanggung jawab atas perbuatannya yang telah melanggar hukum. Pertimbangan hakim yang menjatuhkan putusan berdasarkan dakwaan alternatif ketiga pada putusan 32/Pid.Sus/2020/Pn.Rtg sudah tepat dikarenakan sudah memenuhi semua unsur tindak pidana perdagangan orang dan hakim menerapkan sistem rehabilitative effect dalam menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JQ Political institutions Asia
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Apr 2024 02:42
Last Modified: 22 Apr 2024 02:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10737

Actions (login required)

View Item View Item