Pelayanan Publik pada Pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara Digital (Studi di Kantor Pelayanan Pajak Setiabudi Satu)

Azimah, Sita Siti (2024) Pelayanan Publik pada Pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) secara Digital (Studi di Kantor Pelayanan Pajak Setiabudi Satu). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (740kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (395kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelayanan pada pembuatan nomor pokok wajib pajak (NPWP) di KPP Setiabudi Satu yang dilihat dari teori dimensi pelayanan publik J.A Fitzdimmons dan M.J. Fitzdimmons yang terdiri dari dimensi bukti fisik, dimensi kepercayaan, dimensi responsivitas, dimensi jaminan kepastian, dan dimensi empati. Metode dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari satu orang pejabat struktural, dua orang staf KPP Setiabudi Satu, dan 2 orang pengguna layanan pendaftaran NPWP elektronik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu daya primer yang didapatkan melalui wawancara dengan informan dan data sekunder yang bersumber dari regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan atau Direktorat Jenderal Pajak serta dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menemukan bahwa dalam pelayanan pembuatan nomor pokok wajib pajak (NPWP) di KPP Setiabudi Satu sudah berjalan dengan cukup baik. pelayanan tersebut sudah memenuhi kaidah atau ketentuan dari lima dimensi pelayanan publik yang diteorikan oleh J.A Fitzdimmons dan M.J. Fitzdimmons. Namun, penyelenggaraan pelayanan ini juga bukan tanpa kekurangan. Fasilitas untuk kaum difabel seperti guiding block dan toilet khusus kaum difabel yang seharusnya ada di KPP Setiabudi Satu belum tersedia. Lalu, masih ada data ganda pada kepemilikan NIK sehingga satu NIK bisa memiliki dua NPWP akibat kesalahan tata kelola di masa lalu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Miss Rahma Rahmawati
Date Deposited: 03 Apr 2024 01:45
Last Modified: 03 Apr 2024 01:45
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10710

Actions (login required)

View Item View Item