IMPLIKASI KONFLIK RUSIA-UKRAINA TERHADAP KETAHANAN ENERGI DAN KETAHANAN EKONOMI JERMAN SERTA EXIT STRATEGY YANG DILAKUKAN (2021-2022)

Vajriyati, Suci (2024) IMPLIKASI KONFLIK RUSIA-UKRAINA TERHADAP KETAHANAN ENERGI DAN KETAHANAN EKONOMI JERMAN SERTA EXIT STRATEGY YANG DILAKUKAN (2021-2022). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (514kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (425kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implikasi konflik Rusia-Ukraina terhadap ketahanan energi dan ketahanan ekonomi Jerman serta exit strategi yang dilakukan pada periode 2021-2022. Penulis menggunakan pendekatan teori sanksi ekonomi internasional (Lacy dan Niou, 2004) sebagai grand theory, dan teori pendukung oleh teori Balance of Threat (Waltz, 1987) dan konsep interdependensi (Keohane dan Nye, 1977). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan yang bersumber dari berbagai literatur yang relevan seperti buku, jurnal, laporan-laporan, media nasional dan internasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa sedikitnya ada 2 (dua) faktor yang menyebabkan konflik Rusia dan Ukraina berimplikasi terhadap ketahanan energi dan ketahanan ekonomi Jerman. Faktor-faktor tersebut adalah sanksi ekonomi UE dan respon Rusia terhadap sanksi UE. Respon rusia terhadap sanksi UE berupa pembatasan dan penghentian gas alam Rusia menyebabkan ancaman energi dan perlambatan ekonomi di Jerman. Pada kesimpulan umum cukup jelas tergambarkan bahwa sanksi ekonomi UE dan respon Rusia terhadap sanksi UE sangat berperan dalam mempengaruhi ancaman ketahanan energi dan penurunan ketahanan ekonomi Jerman. Tindak hanya itu, hal tersebut juga telah mengubah kebijakan energi Jerman untuk masa depan. Konflik Rusia dan Ukraina dan sanksi ekonomi UE merupakan sebuah keterkaitan isu (Lacy dan Niou, 2004). Selain itu, penelitian ini memiliki kontribusi novelty dari hasil penelitian penulis untuk pengembangan ilmu pengetahuan adalah tidak hanya mengkonfirmasi teori sanksi ekonomi (Lacy dan Niou, 2004), tetapi juga mengelaborasi teori tersebut dengan menambahkan dimensi Balance of Threat (Waltz, 1987) dan dimensi Inter-dependency (Keohane dan Nye, 1977), dalam memahami dan menganalisis efektivitas, atau sebaliknya, ketidak efektivan sanksi ekonomi internasional terhadap suatu negara.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 02 Apr 2024 04:32
Last Modified: 02 Apr 2024 04:32
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10709

Actions (login required)

View Item View Item