UNIVERSITAS NASIONAL PEMANFAATAN JARINGAN SOSIAL OLEH NELAYAN DALAM UPAYA MENDUKUNG KEBERLANJUTAN EKONOMI (Studi Kasus pada Kampung Nelayan Kamal Muara, Jakarta Utara)

Minang, Novita Putri (2024) UNIVERSITAS NASIONAL PEMANFAATAN JARINGAN SOSIAL OLEH NELAYAN DALAM UPAYA MENDUKUNG KEBERLANJUTAN EKONOMI (Studi Kasus pada Kampung Nelayan Kamal Muara, Jakarta Utara). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (774kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemiskinan dalam komunitas nelayan disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk akses terbatas terhadap modal, teknologi, pasar, dan partisipasi yang minim dalam pengelolaan Sumber Daya Alam. Nelayan dalam kesehariannya bergantung pada jaringan sosial. Sebuah komunitas atau organisasi di lingkungan buruh nelayan memiliki peran yang penting. Pada penelitian ini, nelayan di Kampung Nalayan Kamal Muara membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagai upaya menunjang keberlanjutan ekonominya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran jaringan sosial dalam lingkungan buruh nelayan untuk mempertahankan keberlanjutan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif studi kasus dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada informan yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Lokasi penelitian berada di Kampung Nelayan Kamal Muara, khususnya di RW 04 RT 01, kelurahan Kamal Muara, Jakarta Utara. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori ikatan jaringan sosial oleh Mark Granovotter dengan melihat 4 faktor utama yaitu intensitas waktu, intensitas emosional, kepercayaan, dan timbal balik. Dari penelitian ini didapat hasil yang menyatakan bahwa kekuatan jaringan sosial nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) didapat berbagai faktor dan pola komunikasi yang mempengaruhi keberlanjutan hidup nelayan dari garis kemiskinan yang selalu membayangi kelompok nelayan. Selain itu, ikatan yang terhubung dari setiap anggota Kelompok Usaha Bersama nelyan termasuk pada ikatan jaringan yang kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 02 Apr 2024 02:07
Last Modified: 02 Apr 2024 02:07
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10700

Actions (login required)

View Item View Item