ANALISIS YURIDIS PENERBITAN SERTIFIKAT HAK MILIK ATAS TANAH YANG CACAT HUKUM OLEH KANTOR PERTANAHAN (Studi Kasus Putusan Nomor: 40/Pdt.G/2019/PN. Pso)

Roehanah, Rizqiyah (2024) ANALISIS YURIDIS PENERBITAN SERTIFIKAT HAK MILIK ATAS TANAH YANG CACAT HUKUM OLEH KANTOR PERTANAHAN (Studi Kasus Putusan Nomor: 40/Pdt.G/2019/PN. Pso). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (795kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sengketa pertanahan ini disebabkan karena adanya Perbuatan Melawan Hukum, dalam pengurusannya terdapat unsur penipuan, sehingga terbit sertifikat yang cacat hukum yang merugikan pemegang sah hak atas tanah yaitu Sunarti U Djaelani, hal ini terjadi akibat kesalahan kepala desa yang mengeluarkan surat Keterangan Kepemilikan Nomor 593.2/139/84/1995, tertanggal 07 Oktober 1995 atas nama Almarhumah Toriana Lapananda. Atas dasar Surat Keterangan Kepemilikan tersebut, Ahli waris dari almarhumah Toriana Lapananda menjual sebidang tanah tersebut kepada Sulvianingsih Wantogia. Dari proses peralihan hak atas tanah tersebut maka Sulvianingsih Wantogia memohonkan tanahnya untuk dilakukan sertifikat. Peneliti menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan peraturan perundang-undangan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam kasus Tinjauan Yuridis penerbitan sertifikat hak milik atas tanah yang cacat hukum oleh Kantor Pertanahan (Studi Kasus Putusan Nomor 40/Pdt.G/2019/PN Pso) perbuatan tersebut telah memenuhi unsur-unsur perbuatan melawan hukum yang menurut pasal 1365Kitab Undang-undang Hukum Perdata bahwa perbuatan hukum tersebut yakni melawan hukum, adanya kesalahan dari pelaku, adanya kerugian bagi korban dan adanya hubungan kasual antara perbuatan dan kerugian . Oleh karena itu perlu ditegakkan keadilan dan kepastian hukum bagi pemilik hak atas tanah tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan tanah dikemudian hari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:35
Last Modified: 01 Apr 2024 02:35
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10682

Actions (login required)

View Item View Item