ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA CYBER CRIME DENGAN SENGAJA MENYEBARKAN KATA-KATA KEBENCIAN SERTA ADANYA UNSUR SARA MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi kasus : Putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap.)

Ningrum, Lidya Ayu (2024) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA CYBER CRIME DENGAN SENGAJA MENYEBARKAN KATA-KATA KEBENCIAN SERTA ADANYA UNSUR SARA MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi kasus : Putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap.). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER-2.pdf

Download (953kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kasus Cybercrime dengan ujaran kebencian dapat berarti komunikasi seseorang atau kelompok dalam bentuk provokasi, hasutan, atau penghinaan terhadap orang atau kelompok orang lain. Ujaran kebencian biasanya merujuk pada ras, warna kulit, jenis kelamin, disabilitas, orientasi seksual, kebangsaan, agama, dan lain sebagainya. Ujaran kebencian dapat berupa penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, provokasi, menghasut, menyebarkan berita bohong bahkan bisa mengandung SARA. Adapun rumusan masalah yang tertuang dalam penelitian ini, ialah: Bagaimana pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap? Dan Apakah hukuman yang dijatuhkan oleh hakim sesuai dengan pemidanaan dalam putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap? Maka ada pula Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap. dan untuk mengetahui hukuman yang dijatuhkan oleh hakim sesuai dengan pemidanaan dalam putusan Pengadilan Nomor 16/Pid.Sus/2020/PN Jap. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis nomatif dengan sifat penelitian deskriptif yang menggunakan data sekunder. Data yang diperoleh dengan cara menganalisis pasal 45 ayat (3) jo 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 tahun 2016 Tentang atas Perubahan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, kemudian data diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Kata Kunci: Kejahatan Siber, Kata-kata Kebencian, SARA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:10
Last Modified: 28 Mar 2024 04:10
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10671

Actions (login required)

View Item View Item