ANALISIS YURIDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN HUKUMAN BAGI PELAKU ANAK DIBAWAH UMUR YANG TURUT SERTA MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Perkara No. 5/Pid.Sus-Anak/2021/PN Rhl)

Patricia, Paula Ivana (2024) ANALISIS YURIDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENJATUHKAN HUKUMAN BAGI PELAKU ANAK DIBAWAH UMUR YANG TURUT SERTA MELAKUKAN TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Perkara No. 5/Pid.Sus-Anak/2021/PN Rhl). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

manusia dilihat dari segi pemikiran maupun tingkah lakunya. Anak-anak berusia remaja secara psikologis masih belum stabil sehingga sangat mudah terpengaruh dalam tindakan positif maupun negatif, misalnya dalam hal penelitian ini, anak terlibat dalam pembunuhan berencana, terjadi di Rokan Hilir, Provinsi Riau, dimana seorang Anak yang belum berusia 18 tahun turut serta melakukan tindak pidana pembunuhan berencana yang kemudian tertuang dalam putusan No. 5/Pid.SusAnak/2021/PN Rhl. Dalam kasus ini, Anak disuruh seraya diancam oleh pelaku utama yang telah berusia dewasa untuk turut serta memukul, sampai dengan membawa korban untuk dikuburkan. Dalam putusan Hakim, Anak dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana, dan dijatuhi hukuman 1 (satu) tahun penjara di LPKA Pekanbaru, sedangkan tuntutan Jaksa adalah penjara selama 5 (lima) tahun. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah aturan hukum mengenai kejahatan yang dilakukan Anak dibawah umur? dan Apakah putusan Hakim pada perkara No. 5/Pid.SusAnak/2021/PN.Rhl sudah memenuhi keadilan hukum? Penelitian menggunakan metode yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder. Kata Kunci: Pembunuhan Berencana, Anak, di bawah ancaman, Pertimbangan Hakim

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:05
Last Modified: 28 Mar 2024 04:05
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item