ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN SECARA BERLANJUT (STUDI KASUS: PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 37/Pid.B/2021/PN Pky)

Fadzillah, Khofifah Vinni (2024) ANALISIS YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP PELAKU PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN SECARA BERLANJUT (STUDI KASUS: PUTUSAN PENGADILAN NOMOR 37/Pid.B/2021/PN Pky). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pencurian membuat masyarakat sangat khawatir, apalagi jika terjadi pada malam hari, dimana masyarakat lengah dan tidak memperhatikan lingkungan sekitar. Saat itu, pelaku dapat melakukan aksinya dengan memanfaatkan jangka waktu tersebut dan hal tersebut dilakukan dalam beberapa kali perbuatan melawan hukum. Penerapan terhadap ketentuan-ketentuan hukum pidana ditujukan untuk membantu kesejahteraan masyarakat dengan menekankan semaksimal mungkin pelanggaran-pelanggaran hukum dan tindakan-tindakan yang membebani masyarakat. Adapun rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana kebijakan hukum terhadap pemidanaan pelaku pencurian di malam hari secara berlanjut? 2) Apakah pemidaan yang dijatuhkan kepada pelaku pencurian di malam hari secara berlanjut putusan nomor 37/Pid.B/2021/PN Pky telah sesuai dengan muatan hukum? Dalam penulisan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan berupa pendekatan yuridis-normatif dengan mempelajari dari peraturan perundang-undangan, kasus pada putusan yang diangkat dan metode pengumpulan bahan hukum dilakukan dengan library research (kepustakaan dan undang-undang). Setelah melakukan penelitian tersebut, Terdakwa dipidanakan Pasal 363 Ayat (1) atau pencurian dengan pemberatan. Namun pelaku memanfaatkan kondisi dan situasi tersebut untuk melakukan aksinya, dengan pemanfaatan tersebut pelaku bahkan mencuri lebih dari satu kali, maka pelaku dijatuhi hukuman khusus sebagaimana diatur dalam Pasal 64 ayat 1 atau perbuatan berlanjut berlaku sistem absorbsi, yaitu diterapkan ancaman pidana terberat dari tindak pidana yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:44
Last Modified: 27 Mar 2024 07:44
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10645

Actions (login required)

View Item View Item