ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA TERHADAP PENGANIAYAAN HEWAN SECARA RINGAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 72/PID/C/2023/PN.PDG)

SYABAN, AHMAD WALHAFIZH (2024) ANALISIS YURIDIS TINDAK PIDANA TERHADAP PENGANIAYAAN HEWAN SECARA RINGAN (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 72/PID/C/2023/PN.PDG). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (23MB)

Abstract

Penganiayaan hewan ringan merupakan isu kompleks yang membutuhkan solusi multi-faceted. Upaya edukasi, penegakan hukum, dan reformasi regulasi menjadi kunci utama untuk mencegah dan memerangi praktik ini, demi tercapainya kesejahteraan hewan dan terciptanya lingkungan yang lebih harmonis. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah: Apa yang dijadikan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan hukuman ringan terhadap terdakwa sebagaimana dalam Putusan Pengadilan Nomor 72/Pid/C/2023/PN.Pdg dan Sanksi pidana yang bagaimanakah yang pantas diancamkan kepada pelaku penganiayaan kucing sehingga dapat memberikan efek jera dan keadilan bagi hewan kucing sebagai mahkluk hidup?. Bertujuan untuk mengetahui apa yang dijadikan pertimbangan Hakim dalam menjatuhkan hukuman ringan terhadap terdakwa sebagaimana dalam Putusan Pengadilan Nomor 72/Pid/C/2023/PN.Pdg dan mengetahui sanksi pidana yang bagaimanakah yang pantas diancamkan kepada pelaku penganiayaan hewan kucing sehingga dapat memberikan efek jera dan keadilan bagi hewan kucing sebagai makhluk hidup?. Metode yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, data yang berfokus pada kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah Penelitian ini memberikan wawasan tentang pertimbangan Hakim dalam kasus penganiayaan hewan ringan. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami variasi putusan Hakim dalam kasus serupa. Reformulasi ancaman pidana penganiayaan hewan sangat penting untuk mewujudkan kesejahteraan hewan dan rasa keadilan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 07:25
Last Modified: 27 Mar 2024 07:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10641

Actions (login required)

View Item View Item