PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DALAM PERMAINAN EDUKASI KEBUDAYAAN BATIK JAWA BERBASIS ANDROID

Shofy, Mochamad Naufal (2024) PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DALAM PERMAINAN EDUKASI KEBUDAYAAN BATIK JAWA BERBASIS ANDROID. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (541kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (996kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (138kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (410kB)

Abstract

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya, dengan beragam motif. Memahami kompleksnya makna dan filosofi batik sulit dilakukan mengingat beragamnya motifnya. Oleh karena itu, penelitian ini menciptakan sebuah game Android yang memadukan unsur budaya batik untuk mengenalkan makna dan filosofi batik Indonesia kepada generasi mendatang. Penggunaan teknologi Android menjadikan pembelajaran lebih fleksibel, memungkinkan akses informasi tanpa batas. Dengan mengikuti metode Game Development Life Cycle (GDLC) dan mengintegrasikan algoritma Fisher-Yates Shuffle dan Finite State Machine (FSM), game ini mengajak pemainnya berpetualang melawan karakter Non-Playable Character (NPC) menggunakan model FSM. Algoritma Fisher-Yates Shuffle digunakan untuk mengacak 10 pertanyaan, menjadikan setiap sesi permainan unik. Hasil pengujian algoritma menunjukkan waktu eksekusi rata-rata sekitar 35,6 mikrodetik, menunjukkan kinerja yang stabil meskipun terdapat variasi pada setiap percobaan. Hasil uji alpha menunjukkan indikator Manfaat dan Pemahaman Edukasi Batik Jawa mencapai skor memuaskan sebesar 86% yang menunjukkan keberhasilan penyampaian pengetahuan dan pemahaman batik Jawa. Dengan demikian, penelitian ini berhasil menciptakan sebuah game edukasi yang menghibur dan mendidik, serta membantu menjaga dan memperkenalkan warisan budaya batik kepada generasi mendatang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:51
Last Modified: 27 Mar 2024 06:51
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10634

Actions (login required)

View Item View Item