KONSTRUKSI PEMBERITAAN POLUSI UDARA DI JAKARTA OLEH MEDIA ONLINE TEMPO.CO dan BERITAJAKARTA (Analisis framing Robert N Entman)

Ajiz, Muhammad Hadida (2024) KONSTRUKSI PEMBERITAAN POLUSI UDARA DI JAKARTA OLEH MEDIA ONLINE TEMPO.CO dan BERITAJAKARTA (Analisis framing Robert N Entman). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana media tempo.co dan beritajakarta membingkai pemberitaan polusi udara di Jakarta. Menggunakan analisis framing model Robert N Entman, terdiri atas define problems, diagnose causes, make moral judgement, treatment recommendation. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah berita, jurnalisme online. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi dan sumber data. Metode penelitian kualitatif pendekatan paradigma konstruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada premis Define Problems, pada media tempo upaya penanganan pencemaran udara di Ibu Kota kurang signifikan dari Pemerintah untuk memperbaikinya. Sedangkan beritajakarta.id pencemaran udara merupakan masalah serius yang memerlukan penanganan cepat dan bersinergi bersama setiap instansi di Jakarta. Diagnose Causes, tempo.co penyebab polusi udara mulai dari asap industri dan asap kendaraan. Beritajakarta.id penyebab pencemaran udara di Jakarta disebabkan asap kendaraan dan juga asap industri atau pabrik yang tidak melakukan perawatan. Make Moral Judgement, tempo.co kurangnya perhatian dan tindakan yang memadai dari Pemerintah dan upaya penanganan perlu dievaluasi lagi. Sedangkan beritajakarta.id tanggung jawab bersama dan penanganan yang komitmen melibatkan masyarakat untuk mencapai kualitas udara yang baik. Treatment Recommendation, pada tempo.co memberikan solusi untuk mengurangi penggunaan kendaraan roda dua dan pembenahan transportasi umum. Sedangkan beritajakarta.id Pemprov DKI Jakarta mewujudkan Jakarta hijau dengan menanam pohon dan tanaman hijau untuk menciptakan udara yang bersih. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua media memberikan tinjauan yang berbeda terhadap permasalahan polusi udara di Jakarta. Meskipun terdapat perbedaan, keduanya mencerminkan netralitas dalam memberitakan fakta dan pandangan dari narasumber terkait. Peneliti menyarankan kesadaran kolaboratif antara berbagai pihak untuk mengatasi permasalahan polusi udara. Kata Kunci: Konstruksi, Berita, Jurnalisme online

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 27 Mar 2024 03:56
Last Modified: 27 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10594

Actions (login required)

View Item View Item