EKOPESANTREN SEBAGAI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PESANTREN MELALUI GERAKAN ALIH FUNGSI LAHAN (Studi Kasus : Pondok Pesantren Hajar Aswad, Yayasan Sunan Pandanaran, Yogyakarta)

Anjani, Sari Tri (2024) EKOPESANTREN SEBAGAI PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PESANTREN MELALUI GERAKAN ALIH FUNGSI LAHAN (Studi Kasus : Pondok Pesantren Hajar Aswad, Yayasan Sunan Pandanaran, Yogyakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Masalah keterbatasan akses pemenuhan kebutuhan pangan khususnya komunita pesantren di masa pandemi COVID-19 membuat Pondok Pesantren Hajar Aswad, Yayasan Sunan Pandanaran menginisiasi gerakan alih fungsi lahan untuk mengusuketahanan pangan. Dengan konsep greenhouse, lahan kosong dialihkan menjadilahan sumber pangan dengan mengimplementasi metode budidaya akuaponPenelitian ini ditujukan untuk memahami bagaimana program ekopesantren dapatmemberdayakan komunitas pesantren (santri, warga pesantren, masyarakat sekitarmelalui gerak alih fungsi lahan, sekaligus sebagai bentuk gerakan sosial baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan metode greenhousesebagai bentuk alih fungsi lahan kosong oleh pesantren telah berhasil mewujudkanketahanan pangan dan kemandirian ekonomi. (2) komunitas pesantren salingberpartisipasi dan memiliki peran yang sama dalam pengelolaannya. (3) pengelolaaini memberikan dampak sosio-ekologis, yaitu meningkatkan kesadaran sosial dan meningkatkan perekonomian komunitas pesantren, serta berkontribusi terhadkesejahteraan dan kelestarian lingkungan sekitar. Hal ini menunjukkan bahwakomunitas pesantren diberdayakan melalui program ekopesantren yang salah satunmemanfaatkan lahan dengan melakukan gerakan alih fungsi lahan kosong menjagreenhouse yang menggunakan sistem akuaponik untuk mendukung ketahanapangan dan mendorong kemandirian ekonomi pada komunitas pesantren.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:04
Last Modified: 27 Mar 2024 02:04
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10565

Actions (login required)

View Item View Item