DAMPAK PROGRAM BANK SAMPAH TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS BANK SAMPAH MAWAR, KELURAHAN JATI PADANG, PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN)

Martin, Hot Tiur David (2024) DAMPAK PROGRAM BANK SAMPAH TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL DAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI KASUS BANK SAMPAH MAWAR, KELURAHAN JATI PADANG, PASAR MINGGU, JAKARTA SELATAN). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (238kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan populasi dan pendapatan akan mendorong perubahan perilaku konsumen sehingga meningkatkan sampah yang dihasilkan. Pengelolaan sampah yang tepat sangat penting untuk menciptakan lingkungan alam yang sehat dan bersih. Pengelolaan sampah harus dilakukan dengan menggunakan strategi 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) yang berkelanjutan. Aksi strategis dalam mengatasi permasalahan sampah dapat dilakukan melalui pemberdayaan, yakni program Bank Sampah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini adalah lima orang, dipilih melalui purposive sampling. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori Difusi Inovasi Everett Rogers ini digunakan untuk menjelaskan dari pelaksanaan program Bank Sampah tersebut, bagaimana Bank Sampah ini merupakan inovasi baru dalam pengelolaan sampah yang bermanfaat bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Hasil penelitian ini mengidentifikasi bahwa program Bank Sampah Mawar berjalan dengan baik, sehingga memberikan dampak yang baik pada perubahan sosial dan ekonomi masyarakat sekitar. Adapun dampak perubahan sosial yang dihasilkan, yaitu: 1) Aktif sebagai narasumber untuk penyuluhan tentang pengelolaan sampah, 2) Membuka lapangan pekerjaan baru, 3) Bank Sampah sebagai wadah kesadaran lingkungan. Sedangkan dampak ekonomi yang dihasilkan: 1) Penciptaan pendapatan tambahan, 2) Peluang bisnis daur ulang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:52
Last Modified: 26 Mar 2024 07:52
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item