PEMBENTUKAN SOLIDARITAS DI KALANGAN SUPORTER DALAM MENDUKUNG TIM NASIONAL SEPAKBOLA INDONESIA(Studi Suporter Ultras Garuda Indonesia)

Maulana, Akram (2024) PEMBENTUKAN SOLIDARITAS DI KALANGAN SUPORTER DALAM MENDUKUNG TIM NASIONAL SEPAKBOLA INDONESIA(Studi Suporter Ultras Garuda Indonesia). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (1).pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (320kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Lampiran .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini membahas “Pembentukan Solidaritas Di Kalangan Suporter Dalam Mendukung Tim Nasional Sepakbola Indonesia”. penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan bagaimana cara pembentukan solidaritas para anggota Ultras Garuda Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berupa observasi, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan teori yaitu teori Solidaritas Sosial (Emile Durkheim). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terbentuknya Ultras Garuda Indonesia karena masyarakat Indonesia ingin mendukung penuh Tim Nasional Sepakbola Indonesia dan termasuk kelompok genuine karena terbentuk dari para suporter masyarakat Indonesia yang ingin memiliki pendukung sejati Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Dalam Ultras Garuda Indonesia terdapat in group yaitu seluruh masyarakat Indonesia yang mendukung Tim Nasional Sepakbola Indonesia dan juga terdapat out group dari Ultras Garuda Indonesia yaitu pemain negara lain dan suporter negara lain yang bertanding dengan Tim Nasional Sepakbola Indonesia. Kecintaan terhadap timnas Indonesia menjadi faktor pendorong solidaritas sesama anggota serta media sosial memiliki peran penting dalam menyebarkan dan mendapatkan informasi yang berguna dalam membentuk solidaritas sesama.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
J Political Science > JV Colonies and colonization. Emigration and immigration. International migration
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:37
Last Modified: 26 Mar 2024 07:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10558

Actions (login required)

View Item View Item