BAHASA JURNALISTIK PADA HEADLINE REPUBLIKA ONLINE TENTANG KAMPANYE PRABOWO SUBIANTO DALAM PERSAINGAN DI ERA DIGITAL EDISI 11 JANUARI 2024 (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk)

Arasy, Muhammad Adam Amir (2024) BAHASA JURNALISTIK PADA HEADLINE REPUBLIKA ONLINE TENTANG KAMPANYE PRABOWO SUBIANTO DALAM PERSAINGAN DI ERA DIGITAL EDISI 11 JANUARI 2024 (Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bahasa yang digunakan dalam bidang jurnalistik adalah dalam menyusun hingga menayangkan berita, wartawan baik redaktur maupun pengelola media massa menggunakan bahasa yang dimaksudkan untuk mempermudah pemahaman terhadap isi dan pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan bahasa jurnalistik yang formal, mudah dipahami, dan jelas dalam penulisan judul dan isi headline berita di media Republika Online. Penelitian ini menerapkan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif guna mencapai tujuan yang ditetapkan dalam penelitian ini. Teori yang digunakan menggunakan model analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Teun A. Van Dijk Dalam rangka memahami bagaimana wacana dibangun dan dipahami secara sosial, Van Dijk meneliti proses produksi dan pemahaman sosial yang terjadi di balik suatu teks. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penulisan judul dan isi headline berita di portal media Online www.republika.co.id menggunakan kata baku, yang artinya menggunakan kata yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dan dapat ditemukan dalam KBBI (Kamu Besar Bahasa Indonesia) . Selain itu, kata-kata tersebut juga memiliki makna yang sama dengan apa yang dimaksudkan dalam judul dan isi headline berita media tersebut. Kata Kunci: Bahasa Jurnalistik, Headline, Online, Persaingan Digital,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:27
Last Modified: 26 Mar 2024 07:27
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10554

Actions (login required)

View Item View Item