MEMBANGKITKAN NASIONALISME MELALUI FANATISME TERHADAP KLUB SEPAK BOLA NASIONAL (STUDI KELOMPOK SUPORTER LA GRANDEN INDONESIA)

Jibar, Azzam Ahmad (2024) MEMBANGKITKAN NASIONALISME MELALUI FANATISME TERHADAP KLUB SEPAK BOLA NASIONAL (STUDI KELOMPOK SUPORTER LA GRANDEN INDONESIA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover (2).pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pertandingan sepak bola yang melibatkan negara, seringkali menjadi momen yang mempersatukan bangsa dan membangkitkan semangat nasionalisme. Dalam konteks olahraga, fanatisme yang dibingkai dalam nasionalisme suporter terkait dengan dukungan yang kuat terhadap tim nasional. Salah satu kelompok suporter fanatik pendukung tim nasional adalah La Grande Indonesia, kelompok ini beraliran ultras dan mereka berperan dalam memberikan dukungan dan semangat dalam setiap pertandingan tim nasional Indonesia. Skripsi ini membahas upaya membangkitkan nasionalisme melalui fanatisme yang dilakukan oleh kelompok suporter La Grande Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat nasionalisme di antara pendukung tim nasional dalam upaya membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan suporter yang beragam. Selain itu, upaya ini juga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan nilai-nilai kebangsaan dan memperkuat rasa kebersamaan di tengah perbedaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Informan yang terlibat berjumlah 8 orang yang dikategorikan sebagai 4 informan kunci dan 4 informan pendukung. Dalam menentukan informan kunci, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, sementara dalam menentukan informan pendukung menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori nasionalisme dan teori fanatisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam membangkitkan nasionalisme melalui fanatisme ini dilakukan dengan 3 pendekatan, diantaranya adalah menggunakan media sosial yang meliputi postingan info pertandingan, postingan info reservasi tiket, postingan info nonton bareng, postingan apresiasi, dan promosi merchandise. Kedua, dukungan fanatik yang meliputi chants, koreografi, corteo, dan atribut. Ketiga, kegiatan eksternal seperti penyambutan pemain, nonton bareng, dan olahraga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:23
Last Modified: 26 Mar 2024 07:23
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10552

Actions (login required)

View Item View Item