EFEKTIVITAS PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B IMMUNOGLOBULIN (HBIg) PADA BAYI BARU LAHIR DI WILAYAH KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG

Erridha, Arini (2024) EFEKTIVITAS PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B IMMUNOGLOBULIN (HBIg) PADA BAYI BARU LAHIR DI WILAYAH KECAMATAN MAUK KABUPATEN TANGERANG. Bachelor thesis, UNIVERSITAS NASIONAL.

[img] Text
Cover.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (411kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hepatitis B adalah infeksi menular yang menyerang hati, yang disebabkan oleh virus hepatitis B (VHB), yang dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati. Sampai saat ini hepatitis B masih terus menjadi beban kesehatan masyarakat yang besar di seluruh dunia. Sesuai dengan program pemerintah, bayi yang dilahirkan dari ibu positif HBsAg (Hepatitis B Surface Antigen) diberikan HBIg (Hepatitis B Immunoglobulin) kurang dari 24 jam setelah kelahiran untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi agar tidak tertular hepatitis B. Data terkait efektivitas pemberian imunisasi HBIg di wilayah Kecamatan Mauk belum ada, maka dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui hasil pemeriksaan HBsAg pada bayi yang diimunisasi HBIg pada saat baru lahir, dan pada bulan Juli-Desember berusia 9-12 bulan, untuk menilai efektivitas pemberian HBIg pada bayi baru lahir. Pemeriksaan HBsAg dilakukan menggunakan rapid test atau HBsAg stik. Sampel yang diperiksa terdiri dari 32 bayi yang berusia 9-12 bulan yang dilahirkan dari ibu positif HBsAg dan diimunisasi HBIg kurang dari 24 jam setelah lahir. Hasil pemeriksaan HBsAg pada bayi yang diimunisasi HBIg di Wilayah Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang menunjukkan bahwa dari 32 bayi (100%) negatif HBsAg, meski dilahirkan dari ibu yang positif HBsAg. Hal ini menunjukkan tidak adanya penularan secara vertikal dari ibu yang positif HBsAg terhadap bayinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kombinasi imunisasi HBIg dan imunisasi dasar lengkap pada bayi baru lahir efektif mencegah terjadinya penularan hepatitis B dari ibu positif HBsAg ke bayinya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Miss Yulia Zahra Yamini
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:17
Last Modified: 26 Mar 2024 07:17
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10547

Actions (login required)

View Item View Item