POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK SIKAP BERIBADAH ANAK (STUDI DESKRIPTIF DI PERUMAHAN GANG KELINCI CIGANJUR)

Umamy, Faizah (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL IBU DAN ANAK DALAM MEMBENTUK SIKAP BERIBADAH ANAK (STUDI DESKRIPTIF DI PERUMAHAN GANG KELINCI CIGANJUR). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (759kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (980kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (863kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (603kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ibu merupakan madrasah utama dalam membentuk sikap beribadah anak, karena biasanya anak umur 7 sampai 12 tahun masih suka bercanda ketika beribadah dan masih suka malas dalam melakukan ibadah. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi interpersonal antara ibu dan Anak dalam membentuk sikap beribadah anak. Teori yang digunakan Theory of planned behavior (TRA) Teori Ketentuan Sikap merupakan teori bidang kajian psikologi sosial yang di usulkan Sheppard ed al (1988) yang terdiri dari Sikap, Kenyamanan, Kepercayaan dan Perhatian. Metode yang digunakan menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aspek pola peranan ibu berperan sebagai pendidik, sebagai pembimbing dan sebagai teladan. Dalam aspek pola interaksi sosial bahwa dampak positif pola interaksi sosial dalam komunikasi interpersonal secara spiritual yaitu Anak menjadi lebih memahami pentingnya beribadah, Anak menjadi lebih dekat dengan Tuhan dan Anak menjadi lebih memiliki nilai-nilai spiritual yang baik. Dalam aspek pola interaksional ada hal yang harus diperhatikan oleh ibu dalam berinteraksi kepada anak untuk membentuk sikap beribadah anak yaitu keterlibatan aktfif dan konsisten, pendekatan yang sesuai dengan karakteristik anak, dan pemanfaatan tekhnologi dan sumber lainnya. Dalam pola permainan bahwa ibu yang harus terus bersikap layaknya orang tua seperti memaklumi kesalahan anaknya. Orang tua banyak yang berperan untuk melakukan hal membentuk dan memainkan peran yang harus memahami anak. hasil penelitian merujuk bahwa Pola Peranan, Interaksional, Interaksi Sosial dan Permainan dapat membentuk sikap beribadah dengan memberikan sikap, perhatian, kepercayaan, kenyamanan kepada anak dalam membentuk sikap beribadah. kesimpulannya bahwa pola komunikasi interpersonal yang terdiri dari Pola Interaksional, Interaksi Sosial, Peranan dan Permainan sesuai dengan Teori Theory of planned behavior (TRA) Teori Ketentuan Sikap dalam Membentuk Sikap Beribadah Anak. Kata kunci : Pola komunikasi interpersonal, Komunikasi, Sikap beribadah, Ibu dan Anak

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 07:09
Last Modified: 26 Mar 2024 07:09
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10546

Actions (login required)

View Item View Item