ANALISIS YURIDIS TENTANG TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN SECARA PAKSA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus: Putusan Nomor: 18/Pid-Sus-Anak/PN.Nab 2021)

Kusuma, Alfi Adzkia Elang (2024) ANALISIS YURIDIS TENTANG TINDAK PIDANA PERSETUBUHAN SECARA PAKSA YANG DILAKUKAN OLEH ANAK (Studi Kasus: Putusan Nomor: 18/Pid-Sus-Anak/PN.Nab 2021). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Di Indonesia kasus kekerasan seksual pada anak terus mengalami peningkatan. Hal ini perlu perhatian khusus untuk menanggulanginya. Untuk kasus persetubuhan paksa yang dilakukan oleh anak dibawah umur dalam system peradilan pidana pada Pasal 5 dan Pasal 7 Undang–Undang Nomor 11 Tahun 2012 mengatur tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dalam proses hukum berlangsung wajib menerapkan diversi guna mencapai keadilan restorative. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah sudah sesuai dengan tujuan pemidanaan atas sanksi pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa anak yang melakukan tindak pidana persetubuhan secara paksa? Dan apakah sudah memberikan rasa keadilan bagi korban dalam putusan hakim terhadap terdakwa Anak yang didakwa melakukan tindak pidana persetubuhan secara paksa sebagaimana dalam putusan pengadilan nomor: 18/Pid-Sus-Anak/2021/PN.Nab? Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui ketepatan tujuan pemidanaan terhadap sanksi pidana yang dijatuhkan kepada terdakwa anak yang melakukan tindak pidana persetubuhan secara paksa sebagaimana dalam putusannya, serta untuk memahami keadilan peradilan bagi korban atas pertimbangan yang ditetapkan hukum oleh hakim dalam Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak dalam putusannya sudah dapat memberikan rasa keadilan bagi korban sebagai pencari keadilan. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statue approach) dengan sifat penelitian yuridis normatif, yang menggunakan data sekunder. Data yang diperoleh dengan cara menganalisis Pasal 81 Ayat (2) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak yang kemudian data diolah dengan menggunakan analisis kualitatif. Kata Kunci : Persetubuhan Paksa, Kekerasan Seksual, Anak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 03:46
Last Modified: 26 Mar 2024 03:46
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item