PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA YANG MERUPAKAN CONCURSUS REALIS (Studi Putusan : Nomor 870/Pid.B/2022/PN.Jkt.Sel)

Anindya, Syifa (2024) PERTIMBANGAN HUKUM HAKIM DALAM MEMUTUS PERKARA YANG MERUPAKAN CONCURSUS REALIS (Studi Putusan : Nomor 870/Pid.B/2022/PN.Jkt.Sel). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
1 - COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 - BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
3 - BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
4 - BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
5 - BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
6 - BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7 - LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Permasalahan hukum di Indonesia ini sangat kompleks sekali terutama yang berkaitan dengan putusan di pengadilan, baik dalam putusan dengan tindak pidana tunggal maupun dengan tindak pidana gabungan (perbarengan) atau concursus. Ketentuan mengenai perbarengan (concursus) pada dasarnya ialah suatu ketentuan mengenai bagaimana cara menyelesaikan perkara dan menjatuhkan pidana. Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep concursus realis dalam studi putusan No. 870/Pid.B/2022/PN.Jkt.Sel di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah bagaimana penerapan concursus realis dalam perkara No. 870/Pid.B/2022/PN.Jkt.Sel ? dan Bagaimana kemanfaatan hukum dalam penerapan concursus realis ? Jenis penulisan menggunakan yuridis normatif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa analisis penerapan konsep concursus realis dalam pemidanaan terhadap pelaku pembunuhan disertai pencurian oleh terdakwa M. Rizki Ikmi Aryanto kepada Aplels Bagus Tryhon Langgeng telah memenuhi unsur-unsur dalam surat dakwaan penuntut umum yang terdapat Pasal 338 KUHP dan Pasal 362 KUHP dan kemanfaatan hukum dalam penerapan concursus realis ini dapat bermanfaat terutama pelaku agar putusan yang diputus oleh hakim tidak melebihi ketentuan ancaman hukuman pidana terberat ditambah sepertiga.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:31
Last Modified: 26 Mar 2024 02:31
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item