TINJAUAN YURIDIS KEPASTIAN HUKUM KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DIBAWAH TANGAN (Studi Kasus Putusan Pengadilan Nomor 187/Pdt.G/2021/PNCkr)

Dipa, Shinta Shafira (2024) TINJAUAN YURIDIS KEPASTIAN HUKUM KEPEMILIKAN HAK ATAS TANAH DALAM PERJANJIAN JUAL BELI TANAH DIBAWAH TANGAN (Studi Kasus Putusan Pengadilan Nomor 187/Pdt.G/2021/PNCkr). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
cover.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (347kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Perjanjian jual beli tanah di masyarakat seringkali dilakukan secara lisan atau dibawah tangan yakni tidak dilakukan dihadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Adapun permasalahan penelitian ini, adalah Bagaimana keabsahan jual beli tanah yang dilakukan dibawah tangan dan Bagaimana kepastian hukum kepemilikan hak atas tanah dalam perjanjian jual beli dibawah tangan dalam putusan No.187/Pdt.G/2021/PNCKr. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Yuridis Normatif yaitu penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka atau data sekunder. Penelitian ini mengkaji status keabsahan dan kepastian hukum dalam transaksi jual beli tanah dibawah tangan. Hasil penelitian ini yaitu keabsahan jual beli tanah yang dilakukan dibawah tangan ialah sah secara hukum sesuai Pasal 1320 KUHPerdata. Dan kepastian hukum kepemilikan hak atas tanah dalam perjanjian jual beli dibawah tangan adalah sah atau sudah pasti, tetapi dikarenakan jual beli tersebut tidak dilakukan dihadapan PPAT sebagaimana dijelaskan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 1997, oleh karena itu hak atas tanah tidak bisa didaftarkan di Badan Pertanahan Nasional untuk memperoleh pemindahan hak atas tanah dan balik nama sertifikat, sehinggan perlu mengajukan gugatan ke Kantor Pengadilan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 26 Mar 2024 02:22
Last Modified: 26 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item