KETERKAITAN PEMERIKSAAN TB, TES HIV, DAN GLUKOSA DARAH PADA PASIEN TERDUGA TUBERKULOSIS DI PUSKESMAS PEBAYURAN KABUPATEN BEKASI

Kristiani, Ratna (2024) KETERKAITAN PEMERIKSAAN TB, TES HIV, DAN GLUKOSA DARAH PADA PASIEN TERDUGA TUBERKULOSIS DI PUSKESMAS PEBAYURAN KABUPATEN BEKASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab l.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab ll.pdf

Download (253kB)
[img] Text
Bab lll.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Bab lV.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (581kB)

Abstract

Tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang juga dikenal sebagai bakteri tahan asam (BTA). Tuberkulosis menjadi penyebab kematian paling umum pada individu dengan HIV. Penderita diabetes juga memiliki risiko tiga kali lebih tinggi untuk tertular tuberkulosis. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menilai potensi pemeriksaan kadar glukosa darah, tes HIV, dan pemeriksaan TB pada pasien tuberkulosis. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2023 - Februari 2024. Penelitian dilakukan di Puskesmas Pebayuran Kec. Pebayuran, Kabupaten Bekasi dan data yang diambil yaitu data pasien dari bulan Januari 2019 - Desember 2023. Bahan penelitian menggunakan data hasil pemeriksaan pasien terduga tuberkulosis di Puskesmas Pebayuran. Data yang digunakan adalah data hasil pemeriksaan TB, tes HIV dan glukosa darah. Subjek dari penelitian adalah semua pasien yang melakukan pemeriksaan TB dan objek dari penelitian adalah hasil tes HIV dan glukosa darah sewaktu. Data yang telah dikumpulkan dan disusun dalam tabel, selanjutnya dilakukan analisis data menggunakan metode uji regresi logistik dengan menggunakan uji analisis regresi logistik menggunakan software SPSS 25. Hasil menunjukan ada keterkaitan antara glukosa darah dan pemeriksaan TB dengan hasil pengaruh glukosa darah (p0,05). Kemudian tes HIV mempunyai hasil signifikan 1,000 (0,05) sehingga tidak menunjukan keterkaitan bermakna pada hasil pemeriksaan TB. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil TB positif pada pasien terduga tuberkulosis menunjukkan 36% menderita DM. Sedangkan hasil TB positif pada pasien terduga tuberkulosis tidak menunjukkan positif HIV.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 07:01
Last Modified: 25 Mar 2024 07:01
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10430

Actions (login required)

View Item View Item