KUALITAS DAN PALATABILITAS PAKAN ARTIFISIAL KOLONI LEBAH Apis mellifera BUDIDAYA DI KAWASAN PERKEBUNAN KARET PEKALONGAN JAWA TENGAH

Ramadhany, Grasenia Avedilia (2024) KUALITAS DAN PALATABILITAS PAKAN ARTIFISIAL KOLONI LEBAH Apis mellifera BUDIDAYA DI KAWASAN PERKEBUNAN KARET PEKALONGAN JAWA TENGAH. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB 3..pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB 4..pdf

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pakan artifisial sebagai polen pengganti sangat dibutuhkan oleh peternak lebah madu pada saat tidak adanya sumber polen alami. Polen merupakan sumber protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kehidupan lebah madu. Tanaman karet (Hevea brasiliensis) dapat menghasilkan nektar ekstrafloral namun tidak menghasilkan polen alami, sehingga dibutuhkan polen pengganti untuk keberlangsungan hidup lebah Apis mellifera yang dianggon pada perkebunan karet. Pemberian pakan artifisial sebagai pengganti polen alami diharapkan dapat disukai oleh lebah madu Apis mellifera dan membantu peternak lebah mengurangi gagal panen pada kondisi sumber pakan yang kurang. Pada penelitian ini, menggunakan dua jenis pakan artifisial dengan kode PA-J dan PA-P dengan PA-K sebagai kontrol. Tujuan penelitian ini untuk menguji palatabilitas dan nutrisi pakan artifisial dari PA-J dan PA-P dengan PA-K sebagai kontrol. Pakan artifisial diberikan kepada koloni lebah Apis mellifera, yakni masing-masing 11 koloni dan dihitung dalam 22 hari di perkebunan karet Pekalongan Jawa Tengah. Palatabilitas di uji menggunakan analisis uji Anova One Way dan kualitas nutrisi dibandingkan dengan studi literatur. Hasil menunjukkan palatabilitas konsumsi yang tidak berbeda diantara ketiga pakan artifisial yang di uji. Kualitas nutrisi PA-J memiliki parameter kadar protein yang lebih tinggi (27,12%), serta memiliki parameter lebih rendah pada kadar lemak (2,44%) dan kadar abu (4,32%) yang lebih baik di bandingkan dengan PA-P.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QL Zoology
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:37
Last Modified: 25 Mar 2024 06:37
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10415

Actions (login required)

View Item View Item