PENGARUH METODE PENGERINGAN TERHADAP KANDUNGAN FENOL TOTAL, FLAVONOID TOTAL DAN KADAR GINGEROL, SERTA DAYA ANTIOKSIDAN SERBUK PERASAN RIMPANG JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum)

Triskaprilia, Dinda (2024) PENGARUH METODE PENGERINGAN TERHADAP KANDUNGAN FENOL TOTAL, FLAVONOID TOTAL DAN KADAR GINGEROL, SERTA DAYA ANTIOKSIDAN SERBUK PERASAN RIMPANG JAHE MERAH (Zingiber officinale var. rubrum). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (419kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jahe merah (Zingiber officinale var. rubrum) adalah salah satu tumbuhan keluarga Zingiberaceae yang banyak digunakan sebagai bahan pangan ataupun bahan obat karena mengandung berbagai senyawa berpotensi medisinal. Bagian yang umum digunakan adalah bagian rimpangnya. Rimpang segar jahe merah mudah busuk dan tidak dapat disimpan lama. Salah satu alternatif untuk mendapatkan manfaat rimpang jahe merah yang dapat disimpan lama adalah dengan mengolahnya menjadi serbuk perasan rimpang jahe merah. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan teknik pengeringan yang menghasilkan serbuk perasan rimpang jahe merah dengan kandungan fenol total, flavonoid total, kadar gingerol dan daya antioksidan terbaik. Teknik pengeringan yang diujikan dalam penelitian ini adalah teknik pengeringan freeze-drying, spray-drying dan kristalisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengeringan dengan teknik spraydrying merupakan teknik pengeringan terbaik untuk menghasilkan serbuk perasan rimpang jahe merah terbaik ditinjau dari kandungan senyawa fenol total, flavonoid total, gingerol, serta daya antioksidan dari serbuk perasan jahe merah yang dihasilkan. Serbuk perasan jahe merah yang dihasilkan dengan teknik spray-drying mengandung senyawa fenol total sebesar 1381,97 mg GAE/100g, flavonoid total 109,7 mg/100g, 6-gingerol 19,7 mg/g, 8-gingerol 3,95 mg/g, 10-gingerol 7,26 mg/g dan 6-shogaol 1,1 mg/g, serta daya antioksidan dengan nilai IC 50 sebesar 156,75 ppm.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Skripsi > Fakultas Biologi > Program Studi Biologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:29
Last Modified: 25 Mar 2024 06:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10412

Actions (login required)

View Item View Item