Ekaputra, Mohamad Yandy (2024) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, TAX PLANNING, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA DI INDONESIA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2018-2022). Bachelor thesis, Universitas Nasional.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (778kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (867kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (820kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (930kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (737kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, tax planning, dan corporate social responsibility terhadap manajemen laba. Penelitian ini bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan-perusahaan manufaktur yang berada pada sektor basic materials dan terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2022. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan membuat kriteria tertentu sehingga menghasilkan 26 sampel perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dengan bersumber dari laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari website BEI (www.idx.co.id) dan website masing-masing perusahaan terkait. Analisis data yang digunakan adalah teknik regresi linear berganda untuk menganalisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, tax planning, dan corporate social responsibility secara simultan memberikan pengaruh terhadap manajemen laba dengan besaran pengaruhnya 29,6% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain diluar dari penelitian. Secara parsial ukuran perusahaan mendapatkan nilai koefisien sebesar -3,506, nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel sebesar -4,191>1,65694, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Maka ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Tax planning mendapatkan nilai koefisien -2,741, nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel sebesar -5,351>1,65694, dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Maka tax planning berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Terakhir, corpoprate social responsibility mendapatkan nilai koefisien sebesar -1,005, nilai t hitung lebih kecil dari nilai t tabel sebesar -0,914<1,65694, dan nilai signifikansi sebesar 0,362. Maka, corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Kata kunci: Ukuran perusahaan, Tax planning, Corporate social responsibility, Manajemen Laba
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance L Education > L Education (General) |
Divisions: | Skripsi > Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Delvy Aplirizani - |
Date Deposited: | 25 Mar 2024 06:31 |
Last Modified: | 25 Mar 2024 06:31 |
URI: | http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10411 |
Actions (login required)
View Item |