PEMANFAATAN BEBERAPA JENIS GULMA SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera litura F.) PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.)

Firdausyah, Illyas Miftahul (2024) PEMANFAATAN BEBERAPA JENIS GULMA SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI UNTUK PENGENDALIAN HAMA ULAT GRAYAK (Spodoptera litura F.) PADA TANAMAN SAWI (Brassica juncea L.). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian beberapa ekstrak gulma sebagai insektisida nabati untuk pengendalian hama ulat grayak (Spodoptera litura F.) pada tanaman sawi (Brassica juncea L.). Penelitian dilaksanakan di Balai Proteksi Tanaman Cibubur, Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta pada bulan Juni-Juli 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial yang terdiri dari 2 faktor, dengan perlakuan faktor jenis insektisida nabati dan faktor pemberian dosis : Faktor jenis insektisida nabati terdiri dari 3 taraf, yaitu : daun kirinyuh, daun ajeran, dan daun saliara. Faktor pemberian dosis terdiri dari 4 taraf, yaitu : tanpa perlakuan (kontrol), 100 g/l air, 200 g/l air, dan 300 g/l air. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis Sidik Ragam dan jika atau apabila terdapat beda nyata, maka diuji lanjut menggunakan uji Beda Nyata Terkecil taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian ektsrak gulma dan dosis terhadap produksi tanaman per plot, mortalitas ulat grayak, intensitas serangan mutlak, dan efektivitas insektisida nabati pada kecepatan kematian ulat grayak, sementara untuk parameter jumlah daun tidak memberikan pengaruh nyata. Pemberian esktrak gulma dan dosis konsentrasi terbaik terdapat pada kombinasi daun ajeran 300g/l air.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:49
Last Modified: 25 Mar 2024 04:49
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10395

Actions (login required)

View Item View Item