PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK WANITA TANI NUSA INDAH (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Nusa Indah Kelurahan Cipedak,Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta)

Bektiputra, Dhianudien Awalul (2024) PERAN PENYULUH PERTANIAN TERHADAP PENGEMBANGAN KELOMPOK WANITA TANI NUSA INDAH (Studi Kasus Pada Kelompok Wanita Tani Nusa Indah Kelurahan Cipedak,Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (868kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran penyuluh pertanian terhadap pengembangan Kelompok Wanita Tani Nusa Indah dan mengetahui kendala yang dihadapi oleh penyuluh pertanian terhadap pengembangan Kelompok Wanita Tani Nusa Indah. Penelitian ini dilaksanakan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Nusa Indah di Kelurahan Cipedak, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non probability sampling pengambilan secara keseluruhan dari kelompok wanita tani yang ada diambil sampel sebanyak 16 orang dan 1 orang penyuluh pertanian. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah Skala Likert dengan teknik skoring dan uji analisis regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS 25. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara peran penyuluh pertanian sebagai motivator, edukator, fasilitator, dan organisator berpengaruh terhadap pengembangan Kelompok Wanita Tani Nusa Indah dengan hasil uji R 2 68,9%. Peran penyuluh pertanian secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kelompok wanita tani dengan hasil uji t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu peran penyuluh sebagai motivator (3,373 > 2,170), edukator (2,482 > 2,170), fasilitator (2,338 > 2,170), dan organisator (3,115 > 2,170) berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kelompok wanita tani.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:42
Last Modified: 25 Mar 2024 04:42
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10393

Actions (login required)

View Item View Item