PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA (STUDI KASUS PIMPINAN DAN PEGAWAI DIVISI PENGAWAS OPERASIONAL PT. SUMBER SWARNA PRATAMA)

AYU, NINDI PUSPITA (2024) PENDEKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DAN PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KINERJA (STUDI KASUS PIMPINAN DAN PEGAWAI DIVISI PENGAWAS OPERASIONAL PT. SUMBER SWARNA PRATAMA). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (629kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (487kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (880kB)

Abstract

Komunikasi interpersonal yang baik dapat dilihat dari hubungan baik yang muncul dan saling menguntungkan satu sama lain. Dengan komunikasi interpersonal yang efektif, kinerja pegawai akan meningkat, yang berarti tujuan perusahaan dapat dicapai dengan hasil yang diharapkan. Sehingga, pentingnya komunikasi interpersonal untuk meningkatkan kinerja karyawan. Oleh karena itu,PT Sumber Swarna Pratama membutuhkan komunikasi interpersonal yang efektif antara pimpinan dengan setiap pegawainya untuk meningkatkan kinerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai di PT. Sumber Swarna Pratama. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Manajemen Makna Terkoordinasi dengan 3 unsur: Manusia hidup berkomunikasi, Manusia saling menciptakan realitas sosial, dan Transaksi informasi bergantung pada makna pribadi dan makna interpersonal. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini memperlihatkan penemuan manusia hidup berkomunikasi yang tercermin dari pimpinan dan pegawai yang bekerja sama untuk menciptakan makna bersama terkait tujuan, perusahaan melalui percakapan dan interaksi sehari-hari. Pada manusia saling menciptakan realitas sosial, terlihat bahwa pimpinan memberi perintah pekerjaan kepada karyawannya, untuk mencapai target perusahaan dengan memberi evaluasi kerja kepada karyawan, mereka membicarakan realitas sosial baru dari sudut pandang mereka masing-masing, memunculkan kembali realitas-realitas sebelumnya saat mereka bekerja, seperti kritik, saran, serta motivasi. Dengan memunculkan relaitas-realitas tersebut pimpinan dan karyawan saling terbuka jika ada masalah yang dihadapi dapat mereka lalui. Transaksi informasi bergantung pada makna pribadi dan makna interpersonal, terlihat disini pimpinan memiliki tujuan untuk memberikan arahan, atau motivasi kepada pegawai. Kemudian, makna interpersonal tercapai saat karyawan sepakat dengan interprestasi dari motivasi yang diberikan oleh pimpinan dengan karyawan yang memiliki komitmen kerja yang tinggi. Kata Kunci Komunikasi Interpersonal, Pimpinan dan Karyawan, Kinerja

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:21
Last Modified: 25 Mar 2024 04:21
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10389

Actions (login required)

View Item View Item