PENGGUNAAN LABELING TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS INDIVIDU (Studi Tentang Julukan atau Nama Panggilan Pada Pergaulan Sehari-hari Siswa SMP Negeri 163 Jakarta)

Veronica, Falda Alifia (2024) PENGGUNAAN LABELING TERHADAP PEMBENTUKAN IDENTITAS INDIVIDU (Studi Tentang Julukan atau Nama Panggilan Pada Pergaulan Sehari-hari Siswa SMP Negeri 163 Jakarta). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (464kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (919kB)

Abstract

Lingkungan sekolah adalah salah satu tempat dimana siswa saling berinteraksi dan bergaul dengan siswa lainnya. Dalam pergaulan sosial di lingkungan sekolah, terdapat pemberian julukan atau label yang merupakan hal yang jamak terjadi dikalangan para siswa. Julukan ini biasanya diberikan kepada teman sebaya untuk menyebut identitas mereka dalam pergaulan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses sosial dari penerimaan julukan atau label dan penggunaan label atau julukan sebagai identitas diri siswa SMP Negeri 163 Jakarta, hal ini belum begitu banyak dibahas dalam penelitian sebelumnya mengenai label. Peneliti menggunakan teori labelling dan beberapa konsep dalam teori labeling. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Dalam proses penerimaan julukan atau label siswa SMP Negeri 163 Jakarta menunjukkan keterlibatan emosi yang berbeda-beda yaitu ada yang merasa senang dengan julukannya, merasa biasa saja, dan merasa marah atau kesal pada awalnya. 2) Siswa SMP Negeri 163 Jakarta, dalam penggunaan label atau julukan ini diadopsi siswa tersebut dan dijadikan sebagai identitas mereka dalam pergaulan sehari-hari mereka di lingkungan sekolah, ada siswa yang perilakunya terkait dengan label atau julukan yang diberikan ada juga yang tidak terkait. Kata kunci: labeling, individu, siswa SMP

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:29
Last Modified: 25 Mar 2024 02:29
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10341

Actions (login required)

View Item View Item