KARAKTERISTIK KIMIA DAN SENSORIK JUS SAYURAN DENGAN PENAMBAHAN NANAS (Ananas comosus L.) MENGGUNAKAN METODE COLD PRESSED JUICE

Asyifa, Amirra Jasmine (2024) KARAKTERISTIK KIMIA DAN SENSORIK JUS SAYURAN DENGAN PENAMBAHAN NANAS (Ananas comosus L.) MENGGUNAKAN METODE COLD PRESSED JUICE. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (246kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (701kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mempelajari pengaruh beberapa jenis sayuran dan penambahan beberapa konsentrasi nanas terhadap jus sayuran menggunakan metode cold pressed juice. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember 2023 di Pusat Laboratorium Universitas Nasional. Penelitian dirancang menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor, yaitu jenis sayuran (kale, pakcoy, brokoli) dan konsentrasi nanas (0%, 20%, 40%). Variabel pengamatan meliputi aktivitas antioksidan, kadar vitamin C, total padatan terlarut (TPT), serta uji hedonik rasa, aroma, dan warna jus sayuran yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi terbaik antara jenis sayuran kale 100% dengan konsentrasi nanas 0% menghasilkan kadar vitamin C (10.67 mg/100 g), interaksi jenis sayuran kale 60% dengan konsentrasi nanas 40% menghasil aktivitas antioksidan (16.08 mg/g dengan nilai IC 50 18.41 ppm), sedangkan interaksi jenis brokoli 60% dengan konsentrasi nanas 40% memperoleh hasil terbaik terhadap karakteristik kimia TPT (6.250 o Brix), serta karakteristik sensorik mutu rasa, aroma, dan warna yang lebih disukai. Jenis sayuran brokoli menghasilkan jus sayuran yang lebih baik terhadap karakteristik kimia TPT serta karakteristik sensorik mutu rasa, aroma dan warna yang lebih disukai. Konsentrasi nanas 40% menghasilkan jus sayuran yang lebih baik terhadap karakteristik kimia TPT serta karakteristik sensorik mutu rasa, aroma dan warna yang disukai.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Skripsi > Fakultas Pertanian > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 25 Mar 2024 02:08
Last Modified: 25 Mar 2024 02:08
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10338

Actions (login required)

View Item View Item