KEPENTINGAN NASIONAL INDONESIA MELALUI INITIATIVE FOR ASEAN INTEGRATION UNTUK MENGURANGI DISPARITAS EKONOMI NEGARA CLMV (Work Plan II 2009 – 2015)

Dewanto, Diva Devina (2024) KEPENTINGAN NASIONAL INDONESIA MELALUI INITIATIVE FOR ASEAN INTEGRATION UNTUK MENGURANGI DISPARITAS EKONOMI NEGARA CLMV (Work Plan II 2009 – 2015). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini menganalisa tentang kepentingan nasional Indonesia yang tinjau melalaui partisipasi Indonesia melalui proyek Initiative for ASEAN Integration guna mempersempit disparitas ekonomi antara dua kelompok negara-negara di ASEAN yakni ASEAN6 dan CLMV. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran strategis Indonesia yang dituangkan melalui politik luar negerinya yang bebas aktif untuk mencapai kepentingan nasionalnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dan studi pustaka. Indonesia memiliki peluang yang startegis di dalam kawasan ASEAN, sebagai salah satu pendiri ASEAN Indonesia mampu memaikan peranan yang sangat vital melalui diplomasinya dan menjadi aktor kunci dalam menciptakan kerjasama regional yang saling berkesinambungan. Politik ekonomi Indonesia didalam ruang lingkup kerja sama ekonomi di kawasan ASEAN terus berupaya menjadi hal yang penting dalam penyelesaian dinamika ekonomi dikawasan. Peranan aktif Indonesia tercermin melalui keterlibatan aktif Indonesia dalam berbagai peneyelesaian isu-isu ekonomi dikawasan melalui mekanisme Initiative for ASEAN Integration (IAI). Pada penelitian ini akan melihat bagaimana Indonesia dapat mencapai kepentingan nasionalnya melalaui proyek bersama ASEAN untuk mengurangi disparitas ekonomi negara CLMV. Dengan menggunakan teori liberalisme intitusional dan konsep kepentingan nasional. Kata Kunci : ASEAN, CLMV, Indonesia,Kepentingan Nasional, Disparitas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:59
Last Modified: 22 Mar 2024 07:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10335

Actions (login required)

View Item View Item