PERILAKU RELIGIUS DAN INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL (Studi Pada Anggota Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir alisjahbana Universitas Nasional)

Nuramdiansyah, Arya (2024) PERILAKU RELIGIUS DAN INTERAKSI SOSIAL DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS NASIONAL (Studi Pada Anggota Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir alisjahbana Universitas Nasional). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (260kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai bagaimana perilaku religiusitas serta interaksi sosial pada kalangan mahasiswa, khusus nya pada mahasiswa Universitas Nasional yang termasuk kedalam Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir Alisjahabana (HIMMASTA). Lingkungan Universitas yang kaya akan berbagai macam keragaman, khususnya kaya akan beragam agama dan kepercayaan, dikhawatirkan dapat memicu pergesekan dan perpecahan diantara mahasiswa/i yang saling berbeda keyakinan. Serta adanya isu terkait agama yang kerap sangat sensitif di tengah masyarakat, dikhawatirkan dapat berdampak pada pemikiran, penilaian serta sikap mahasiswa/i yang saling berbeda keyakinan di lingkungan Universitas. Salah satu hal yang dapat menjadi solusi dari kehawatiran tersebut, ialah nilai religiusitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, metode penelitian kualitatif dengan teknik penentuan informan purposive sampling. Melakukan wawancara kepada enam orang informan dari Himpunan Mahasiswa Masjid Sutan Takdir Alisjahbana Universitas Nasional. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer dan dimensi religiusitas menurut Glock dan Stark. Hasil dalam penelitian: perilaku religiusitas yang dilihat melalui lima dimensi religiusitas menurut Glock dan stark, menunjukkan hasil yang cukup baik serta nilai religiusitas informan, yang tercermin dalam hubungan interaksional ketika di kampus, menunjukkan hasil yang sama baiknya. Kata kunci: Religiusitas, mahasiswa, interaksi sosial

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:48
Last Modified: 22 Mar 2024 06:48
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10315

Actions (login required)

View Item View Item