ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG YANG MENJATUHKAN PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP KEPADA TERDAKWA FERDY SAMBO DALAM DELIK PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus: Putusan Nomor 813/K/PID/2023)

Bahari, Aditya Indra (2024) ANALISIS YURIDIS PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG YANG MENJATUHKAN PIDANA PENJARA SEUMUR HIDUP KEPADA TERDAKWA FERDY SAMBO DALAM DELIK PEMBUNUHAN BERENCANA (Studi Kasus: Putusan Nomor 813/K/PID/2023). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Hukum berperan sebagai pengatur interaksi sosial untuk menjaga ketertiban dalam masyarakat dan mewujudkan keadilan sosial. Meskipun demikian, kejahatan tetap ada, termasuk dalam internal aparat penegak hukum seperti Kepolisian Republik Indonesia (POLRI). Kasus pembunuhan berencana oleh anggota polisi Ferdy Sambo terhadap sesama anggota polisi mengguncang kepercayaan masyarakat terhadap kredibilitas polisi dan menimbulkan pertanyaan mengenai keadilan dalam sistem peradilan. Kasus ini, yang melibatkan dugaan pelecehan seksual dan kronologi peradilan yang panjang, menunjukkan kompleksitas dalam menjaga integritas aparat penegak hukum dan menciptakan kepastian hukum yang adil bagi masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: bagaimana ketentuan ancaman pidana bagi aparat penegak hukum? dan bagaimana pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap terdakwa Ferdy Sambo dalam putusan nomor 813/K/Pid/2023?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketentuan ancaman pidana bagi aparat penegak hukum dan untuk mengetahui apa yang menjadi pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap terdakwa Ferdy Sambo. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan sifat penelitian deskriptif, yang menggunakan data sekunder. Data yang diperoleh dengan cara menganalisis Pasal 340 KUHP, kemudian data diolah dengan analisis kualitatif. Kata Kunci: Pembunuhan Berencana, Aparat Penegak Hukum, Ferdy Sambo

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 22 Mar 2024 05:59
Last Modified: 22 Mar 2024 05:59
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item