PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERSEDIAAN PADA TOKO DENGAN METODE FIFO SKRIPSI SARJANA SISTEM INFORMASI

Maulana, Ilham (2024) PEMANFAATAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PERSEDIAAN PADA TOKO DENGAN METODE FIFO SKRIPSI SARJANA SISTEM INFORMASI. Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
Cover.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan pemilik Toko Harto Mart, seorang pengusaha yang berpengalaman. Dalam wawancara tersebut, pemilik toko secara terperinci menjelaskan tantangan dalam menjaga ketersediaan stok yang konsisten, serta menggambarkan hambatan dalam mengelola stok barang dan penumpukan barang di gudang. Pengumpulan data menjadi bagian yang sangat penting dalam studi ini. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data mencakup observasi dan wawancara. Hasil wawancara dengan pemilik Harto Mart menunjukkan bahwa penerapan metode FIFO dalam menjaga efektivitas persediaan terlihat saat mencatat barang dagangan dari masuk hingga keluar untuk menjaga ketersediaan stok. Implementasi metode FIFO dalam pengembangan sistem manajemen persediaan barang untuk Harto Mart telah memberikan dampak yang positif. Sistem ini telah menyederhanakan tugas yang dilakukan oleh Administrator serta staf gudang dalam menjalankan tugas mengurus informasi. pengelolaan persediaan barang serta memonitor persediaan dengan efektif. Integrasi data antara item yang masuk, item yang keluar, dan stok memungkinkan mereka untuk mengelola proses penerimaan dan pengeluaran barang dengan lancar dan memantau stok dengan menginput data secara langsung ke dalam sistem, mengurangi kesalahan pencatatan barang, keterlambatan dalam pembaruan stok, serta meningkatkan efisiensi dalam manajemen persediaan di gudang. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pemilik toko dalam memantau data stok barang yang tersedia. Dengan akses langsung ke laporan tentang data stok, barang masuk, dan keluar, pimpinan dapat membuat keputusan tepat dan cepat tanpa harus menunggu laporan dari administrasi, sehingga laporan yang dibuat dapat digunakan untuk membuat keputusan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Skripsi > Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:22
Last Modified: 22 Mar 2024 03:26
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item