ANALISIS YURIDIS PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 322/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Sel)

FADLIKA, RAIHAN (2024) ANALISIS YURIDIS PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA DI LUAR NEGERI BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2007 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ORANG (STUDI KASUS PUTUSAN NOMOR : 322/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Sel). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri, dan disaat bersamaan perdagangan orang sering terjadi, perdagangan orang juga merupakan bentuk perbuatan salah yang merusak martabat manusia. Terdapat kemungkinan terburuk yang dapat terjadi dari meningkatnya jumlah pekerja migran Indonesia tersebut, salah satunya adalah perdagangan orang. Rumusan Masalah pada penelitian ini ialah sebagai berikut: 1. Bagaimana Pelaksanaan Dari Ketentuan Hukum Penempatan Pekerja Migran Indonesia Diluar Negeri? 2. Bagaimana Pertimbangan Hukum Hakim Terhadap Putusan 322/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Sel?. Bertujuan untuk mengetahui ketentuan hukum dalam penempatan pekerja migran Indonesia dan untuk mengetahui kesesuaian antara pertimbangan hukum hakim tentang penempatkan pekerja migran Indonesia dengan tindak pidana perdagangan orang. Metode yang dilakukan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, data yang berfokus pada kepustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah menyatakan bahwa para terdakwa melakukan tindak pidana dalam pelaksanaan penempatan pekerja migran indonesia di luar negeri, dimana seharusnya dalam pelaksanaan penempatan pekerja migran indonesia di luar negeri harus dengan perusahaan penempatan pekerja migran Indonesia. Pertimbangan hakim yang menjatuhkan putusan berdasarkan dakwaan kedua dalam putusan 322/Pid.Sus/2023/PN Jkt.Sel telah tepat,dan penjatuhan pidana terhadap para terdakwa sudah adil bagi korban dan masyarakat. Kata Kunci : Penempatan, Pekerja Migran, Perdagangan Orang,

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Skripsi > Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: - Abdurrahman -
Date Deposited: 21 Mar 2024 03:14
Last Modified: 21 Mar 2024 03:14
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item