KONSEP BIO-CIRCULAR-GREEN ECONOMY (BCG) SEBAGAI INISIATIF PEMERINTAH THAILAND DALAM KERANGKA APEC BERDASARKAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (2021-2023)

Puspita, Malika Dwi (2024) KONSEP BIO-CIRCULAR-GREEN ECONOMY (BCG) SEBAGAI INISIATIF PEMERINTAH THAILAND DALAM KERANGKA APEC BERDASARKAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (2021-2023). Bachelor thesis, Universitas Nasional.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bio-Circular-Green Economy (BCG) adalah inisiatif strategis yang diadopsi oleh Thailand untuk mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Thailand mengenali perlunya transformasi menuju model ekonomi yang lebih ramah lingkungan dan berbasis sumber daya terbarukan. Konsep BCG menggabungkan tiga unsur utama yaitu, "Bioeconomy" untuk produksi sumber daya biologis yang dapat diperbaharui, "Circular Economy" untuk penggunaan kembali dan daur ulang bahan, dan "Green Economy" untuk menjaga keseimbangan antara ekonomi, masyarakat, dan lingkungan. BCG diimplementasikan sebagai bagian dari upaya Thailand untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dalam penggunaan sumber daya, mengurangi dampak lingkungan, dan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Thailand, sebagai tuan rumah APEC 2022, juga berusaha untuk mempromosikan BCG sebagai model yang dapat diadopsi oleh anggota APEC untuk mempercepat pemulihan pasca-pandemi COVID-19 dan mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan secara kolektif. Melalui promosi BCG, Thailand berharap dapat memperkuat kerjasama regional, pertukaran pengetahuan, dan kolaborasi antara negara-negara anggota APEC. Dengan mendorong implementasi BCG, Thailand ingin menciptakan peluang perdagangan dan investasi yang berkelanjutan, sejalan dengan komitmen global untuk mengatasi perubahan iklim dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Skripsi > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Delvy Aplirizani -
Date Deposited: 20 Mar 2024 06:25
Last Modified: 20 Mar 2024 06:25
URI: http://repository.unas.ac.id/id/eprint/10209

Actions (login required)

View Item View Item